Senin, 29 April 2024

Kerusakan Jalan di Sidoarjo Sepanjang 992 Kilometer

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Jalan rusak di Sidoarjo. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Sigit Setyawan Kepala Dinas Pengerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Sidoarjo mengatakan, ruas jalan rusak yang ada di Sidoarjo panjangnya mencapai 992 kilometer.

“Secara umum berdasarkan survei jalan rusak saat ini panjangnya 992 kilometer, dan itu semua akan ditangani dan dilakukan pengerjaan,” kata Sigit Setyawan, saat ditemui suarasurabaya.net, Rabu (4/3/2015).

Sigit menjelaskan, tingkat kondisi kerusakan jalan itu ada tiga level, yaitu baik, sedang, dan rusak. Untuk level pertama kondisi jalannya masih baik sepanjang 812 kilometer. Artinya tingkat kerusakannya itu masih dibawah 10 persen.

Untuk di level kedua yaitu sedang, kerusakannya sepanjang 95 kilometer, dimana tingkat kerusakan jalan itu merupakan 10 hingga 20 persen. Sedangkan di level ketiga kondisi jalan rusak panjangnya 84 kilometer, tingkat kerusakan jalannya di atas 20 persen.

Rata-rata kerusakan jalan di KabupatenSidsoarjo itu disebabkan karena faktor tidak ada saluran drainase, curah hujan tinggi, sehingga terjadinya genangan air di jalan yang menyebabkan jalanan jadi rusak. Kemudian kerusakan dari kendaraan besar, dengan beban tonase 8 ton.

Sigit mengungkapkan, kalau kerusakan jalan itu nantinya akan dilakukan pengerjaan, dalam waktu dekat. “Semuanya akan dikerjakan antara satu atau dua minggu ke depan. Karena, saat ini masih berlangsung mencari pemenang tender. Tapi secara bertahap dan melihat kondisinya,” ujar dia. (bry/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs