Sabtu, 20 April 2024

Lomba Baca Berita 4 Bahasa Ingatkan Pentingnya Bahasa

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Lomba baca berita 4 Bahasa di SMP Kristen Pirngadi Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Belajar tentang Bahasa bukan sekedar menjaga keberadaan Bahasa semata. Lebih dari itu belajar bahasa modal menjadi utama membuka jendela dunia. Dan itu diwujudkan dalam lomba baca berita dalam 4 Bahasa di SMP Kristen Pirngadi Surabaya.

Bahasa yang diwajibkan kepada peserta lomba adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa dan Bahasa Mandarin. Peserta yang terdiri dari 4 siswa wajib membacakan berita dengan masing-masing bahasa tersebut.

“Kami ingin mengingatkan kepada siswa tentang pentingnya belajar Bahasa. Dengan memahami dan mempelajari Bahasa, itu sama artinya dengan memiliki modal utama membuka jendela dunia. Dan lomba ini kami gelar agar siswa mengenal banyak bahasa,” ujar dra. BM. Rukmi Putranti MM. Kepala SMP Kristen Pirngadi, Surabaya.

Lomba kali ini, lanjut Rukmi memang masih ada kaitannya dengan bulan Bahasa, yang juga menggelar lomba baca puisi dalam beberapa bahasa. “Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Mandarin,” tukas Rukmi.

Shellen satu diantara siswi SMP Kristen Pirngadi kelas 9 mengaku sudah belajar Bahasa Mandarin sejak kelas 6 SD. Tapi hingga saat ini masih mengalami kesulitan karena ternyata Bahasa Mandarin tidak mudah.

“Di rumah belajar sama papa dan mama. Di sekolah juga diajarkan itu. Tapi ternyata tidak gampang. Makanya ikut lomba bacaberita Bahasa Mandarin supaya tahu kalau ada pengucapan yang salah,” ujar Shellen bersemangat.

Sementara itu, untuk memeriahkan lomba dalam rangka menyambut Bulan Bahasa tahun 2015, lomba serupa dijadwalkan digelar lagi pada Selasa (20/10/2015) mendatang dan diikuti siswa tingkat SD dan SMP.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
33o
Kurs