Senin, 20 Mei 2024

Netter E100 Respon Positif Larangan Lampu Putih

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi

Melalui laman Facebook E100, netter memberikan respon positif terhadap kebijakan polisi yang akan memberi sanksi tilang pengendara kendaraan bermotor di Kota Surabaya yang menggunakan lampu putih.

Rasoya Permata menyatakan: “Setuju ditilang…krna menyilaukan.” Begitu juga Nia yang menulis: “setuju.. itu sangat menyilaukan saudara-saudara. tolonglah motornya ngga usah dibikin aneh2. ini menyangkut keselamatan banyak orang.”

Mereka juga mengharapkan polisi dapat menegakkan aturan ini dengan adil. Seperti disampaikan Viki Wulandari: “Aturan yg tepat… asal dilaksanakan tanpa pandang bulu!!!

Ageng Permana Wiryo Utomo menyampaikan: “Kl lampu dpn susah ndan.tp kl lampu blkg putih setuju ditilang krn membahayakan pengendara d blkgny (bikin silau).semoga bs konsisten menerapkan aturan”

Beberapa netter juga mempertanyakan mengapa baru sekarang aturan tersebut ditegakkan, padahal aturan hukumnya sudah ada sejak tahun 2006. Seperti disampaikan Crisan Aldino: “UU sdah disyah sejak tahun 2009, knp baru tahun 2015 ada tindakan?selama 6 tahun UU itu dibuat knp gak diterapkan langsung dan kenapa pake menunggu korban dahulu???”

Banyak juga netter yang mengaku kebingungan, terkait sepeda motor yang sudah berlampu putih sejak dari produsen. Seperti ditulis di akun Dimitrio: “Nah kalau gawane dealer piye? mohon pencerahannya…biar gak terjadi salah paham, soalnya saya pakai motor New Vario 150 lampunya LED putih…thanks.” Hal senada disampaikan Imam Solichin: “apakah motor keluaran terbaru yg sudah dilengkapi lampu LED jg akan dikenai tilang?”

Ada juga netter yang mengusulkan adanya batasan maksimal intensitas cahaya dari lampu kendaraan yang diperbolehkan. Rizal Budi Azhary menulis: “motor orang yg pake lampu tembak tuh yg bahaya.. sekarang walau motor pakek HID jg masih kisaran 6000K kadang ada tuh mobil yg sampai 12000K yang bikin silau.. seharusnya dikasih batesan brapa Kandela cerahnya headlamp.. soalnya rancu klo cuma masalah warna.. soalnya lampu variasi yg bohlam jg bnyak yg putih tp jg gag terang…”

Sekadar informasi, postingan selama 5 jam dengan tagar #SStoday mengenai kebijakan ini, mendapat like sebanyak 969 netter, mendapat 512 komentar dan dibagikan sebanyak 234 kali.(iss/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
28o
Kurs