Selasa, 7 Mei 2024

One Gate System Tidak Jamin Steril Kejahatan

Laporan oleh Eddy Prastyo
Bagikan

Sistem pengamanan one gate system tidak menjamin perumahan steril dari tindak kejahatan perampokan. Perampokan yang terjadi di perumahan Palm Spring Regency Jambangan tidak hanya terjadi hari ini saja.

Menurut keterangan Endro Cahyo satu diantara warga yang bermukim di blok C, setidaknya ada 4 kali kejadian semenjak perumahan itu dibangun. Satu diantaranya menimpa dirinya 2 tahun lalu.

Endro ingat, waktu itu kejadiannya Sabtu malam, saat Endro sekeluarga pergi keluar kota keamanan rumah dia titipkan ke satpam perumahan. Tapi itu bukan jaminan. Perampokan justru terjadi pada saat malam waktu keluar masuk perumahan sedang ramai.

Sayangnya, saat kejadian, tidak ada satupun tetangga yan mengetahuinya.

Yang janggal, pelaku tidak mengambil barang elektronik yang ada di dalam rumah. “Pelakunya langsung masuk ke dalam kamar utama dan membongkar lemari. Yang diambil, uang tunai dan perhiasan,” katanya.

Total kerugian akibat perampokan itu, kata Endro, sekitar Rp150 juta dan sampai sekarang kasus itu belum berhasil diungkap polisi.

“Padahal waktu itu polisi cukup banyak di rumah saya melakukan proses identifikasi. Melibatkan juga anjing pelacak. Di dalam kamar saya juga terdapat banyak jejak sidik jari pelaku,” ungkapnya.

Lepas kejadian itu, keamanan perumahan diperketat. Dua pintu perumahan hanya disisakan satu untuk keluar masuk dilengkapi portal dan CCTV untuk menangkap 3 sudut pandang.

Kompol Danni Yulianto Kapolsek Jambangan mengatakan one gate system yang juga didukung perlengkapan cctv tidak akan banyak berdampak pada keamanan, jika mindset tenaga pengamanan hanya sebatas penjaga pintu.

“Kalau cuma sebatas buka tutup portal tanpa mengetahui aspek-aspek pengamanan, ya seperti ini,” katanya.

Satuan pengamanan perumahan seharusnya punya kemampuan scanning. Memprofil setiap orang yang keluar masuk apakah berpotensi melakukan kejahatan atau tidak.

Kapolsek Jambangan yakin pelaku perampokan pagi tadi bukan orang asing di perumahan. Yang pasti, pelaku juga punya kesempatan untuk melakukan survey sebelum melakukan aksinya.

Untuk diketahui, pelaku perampokan menjalankan aksinya sekitar pukul 08.00 WIB, saat aliran listrik di perumahan dan sekitar wilayah Jambangan, padam mulai pukul 07.30 WIB sampai dengan 09.30 WIB .

Padamnya listrik Ini mengakibatkan kamera CCTV tidak merekam keluar masuk pengunjung perumahan, termasuk perampokan tadi. (edy/rst)

Foto :
– Suasana di Palm Spring Regency

Foto : Abidin suarasurabaya.net

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
25o
Kurs