Minggu, 19 Mei 2024

Perbanyak Tryout Sebelum UN Online Digelar

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Suasana tryout jelang pelaksanaan UN 2014. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Sejumlah sekolah di Kota Surabaya, memilih memperbanyak tryout bagi para siswanya menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Online SMA, .

Tryout memberikan kesempatan kepada siswa yang akan ujian nasional secara online agar dapat membiasakan diri dalam pelaksanaan ujian. Dalam pelaksanaan ujian nasional secara online nanti, siswa wajib akrab dengan perangkat komputer maupun laptop. Ini kebiasaan baru yang harus dibiasakan,” terang Johanes Mardijono Kepala SMAN 1 Surabaya.

Secara mendasar, lanjut Mardijono, yang berbeda dari ujian biasa dengan ujian online hanya pada perangkat kerjanya saja. Kalau ujian biasa, siswa menggunakan kertas untuk menuliskan jawaban, sedangkan ujian online dapat dipastikan siswa menggunakan perangkat komputer.

“Kalau sejak awal siswa sudah mencoba membiasakan diri mengerjakan tugas atau banyak mengoperasionalkan komputer, laptop, maka dengan itu diharapkan mereka siap untuk melaksanakan ujian online. Untuk soal ujian tentunya sudah disesuaikan dengan materi pelajaran yang diterima. Itu saja,” kata Mardiijono pada suarasurabaya.net, Selasa (3/3/2015).

Oleh karena itu, dengan lebih sering mengikuti tryout yang langsung menggunakan perangkat laptop atau komputer, ditambah dengan materi mata pelajaran masing-masing maka diharapkan nantinya siswa akan lebih siap mengikuti ujian nasional online.

Senada dengan itu, Dra. Hj. Muntiani Kepala SMAN 14 Surabaya membenarkan bahwa dengan memberikan tryout sebanyak-banyaknya pada siswa yang akan mengikuti ujian nasional online, diharapkan siswa siap saat pelaksanaan ujian nasional online digelar.

“Selain memberikan bekal pemantapan materi masing-masing mata pelajaran yang akan diujikan, tryout menggunakan perangkat seperti pada saat ujian nasional online yang sesungguhnya, diharapkan membuat siswa terbiasa. Dan tidak galau saat ujian dilakukan,” ujar Muntiani.

Mengingat pentingnya tryout untuk ujian nasional online, siswa SMAN 14 dan SMAN 1 Surabaya dijadwalkan akan kembali mengikuti tryout setelah ujian sekolah yang dipastikan rampung dalam minggu ini.(tok/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
33o
Kurs