Minggu, 28 April 2024

Angin Puting Beliung di Indonesia Mulai Seperti Tornado

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ilustrasi. Angin puting beliung saat terjadi di Kota Surabaya. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Angin puting beliung yang terjadi di Indonesia mulai mengalami perubahan. Angin tersebut kini mulai berubah menjadi lebih besar, dan mulai menyerupai tornado seperti yang terjadi di luar negeri.

Demikian disampaikan Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat (Humas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dalam “Evaluasi Penanggulangan Bencana 2016 dan Prediksi Bencana 2017” di kantor BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (29/12/2016).

Menurut Sutopo, selain mengalami peningkatan, angin puting beliung juga mulai meluas tempatnya.

“Fenomena puting beliung itu mengalami peningkatan, dan daerah yang terancam puting beliung juga semakin meluas, baik itu daerah pesisir, maupun pegunungan ataupun daerah pedesaan dan perkotaan,” ujar Sutopo.

Kata dia, Puting Beliung yang semakin meningkat karena ada perubahan iklim di lokal maupun global, juga karena degradasi lingkungan dan kerusakan lingkungan.

“Banyaknya perubahan penggunaan lahan dimana daerah-daerah yang awalnya hutan menjadi pertanian, kemudian pertanian menjadi perkotaan, telah menyebabkan perubahan temperatur di permukaan tanah itu mengalami peningkatan. Sehingga perbedaan temperatur antara atmosfer dan permukaan tanah yang cukup besar akhirnya menyebabkan angin puting beliung menjadi makin meningkat,” kata dia.(faz/ipg)

Teks Foto:
– Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat (Humas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
Foto: Faiz suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
32o
Kurs