Jumat, 29 Maret 2024

DPR Desak Semua Pihak Terlibat Vaksin Palsu Dituntut Pidana Berlapis

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan
Rapat bersama Menteri Kesehatan dengan Komisi IX DPR RI terkait vaksin palsu. Foto : Faiz suarasurabaya

Ermalena Wakil Ketua Komisi IX DPR RI mendorong semua pihak mulai dari produsen, distributor dan penjual dikenakan penuntutan pidana berlapis, untuk memberikan efek jera.

“Mulai dari pembuat vaksin, penjual, mereka yang mendistribusikan kita minta untuk diberi penuntutan secara berlapis. Pidananya secara berlapis,” ujar Erma di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis.

Tak hanya itu, terhadap 14 rumah sakit distributor vaksin palsu, perlu diberikan sanksi berupa pencabutan izin rumah sakit dan pemecatan direktur utamanya.

“Kementerian Kesehatan harus tegas, yakni melakukan pemecatan terhadap direktur dan pencabutan izin rumah sakit,” kata Erma dilansir dari Antara.

Data Kementerian Kesehatan menunjukkan 14 rumah sakit menjadi distributor vaksin palsu. Sejumlah rumah sakit berada di wilayah Bekasi yakni Karya Medika (di Tambun), Kartika Husada, Sayang Bunda, Multazam, Permata, Elisabeth dan Hosana.

Kemudian, di wilayah Cikarang, antara lain Rumah Sakit Dr. Sander, Bhakti Husada, Hosana Lippo dan RSIA Gizar. Selain itu adapula RSIA Puspa Husada, Sentral Medika, Harapan Bunda (Jakarta Timur). (ant/tit)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs