Jumat, 29 Maret 2024

Di Sidoarjo, Ferrari akan Bangun Pabrik Mobil Jenis SUV

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi

Rencana pembangunan pabrik ferrari di Sidoarjo tampaknya bakal segera terwujud. Soekarwo Gubernur Jawa Timur juga telah menandatangani MoU bisnis sehingga perusahaan otomotif asal Italia itu segera membangun pabriknya di Jawa Timur.

“Kemarin sudah saya tandatangani MoU bisnis, persyaratan teknis kita setuju, tanah juga Pak Saifulillah (Bupati Sidoarjo) juga sanggup seribu hektar,” kata Soekarwo, Gubernur Jawa Timur ketika ditemui di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (2/11/2016).

Di Sidoarjo, Ferrari rencannya akan memproduksi mobil jenis sport utility vehicle (SUV) serta 11 peralatan elektronik lainnya.

Sidoarjo dipilih karena Ferrari membutuhkan lahan yang dekat dengan laut, karena mereka membutuhkan air laut untuk memproduksi sebagian komponen baja tahan karat yang mereka miliki.

“Investasinya berapa mereka masih hitung karena lihat kemampuan daya beli masyarakat di Asia Timur dan Asia Selatan itu seperti apa, kan nanti mobil mereka tidak hanya untuk Indonesia,” kata Soekarwo.

Sementara itu, terkait rencana pembangunan pabrik Ferrari, pada Selasa (1/11/2016) malam juga digelar pertemuan bisnis antara Ferrari dengan beberapa kepala daerah salah satunya dengan Bupati Lamongan.

“Ferrari kan membutuhkan lahan dekat laut seluas dua ribu hektar dan saat ini baru tersedia seribu hektar di Sidoarjo. Kami di Lamongan juga menawarkan ada lahan seluas tiga ribu hektar di Brondong dekat laut,” ujar Fadeli, Bupati Lamongan.

Menurut Fadeli, untuk lokasi di Brondong, pada Rabu (2/11/2016) siang perwakilan dari Ferrari juga telah melakukan survei langsung di lapangan. (fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs