Sabtu, 4 Mei 2024

Digunakan Wayangan Para Tokoh Nasional, PKL Gor Sidoarjo Tetap Bisa Buka

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Sigid Haryo Wibisono, Pendiri Yayasan Kalimasadha Nusantara. Foto : Taufik suarasurabaya.net

Pagelaran wayang kulit yang digelar Yayasan Kalimasadha Nusantara juga akan dikemas dengan acara dialog kebangsaan yang menghadirkan beragam tokoh nasional.

Sigid Haryo Wibisono, Pendiri Yayasan Kalimasadha Nusantara mengatakan wayangan kali ini akan mengambil lakon “Semar Mbabar Jati Diri” yang menggambarkan agar orang jangan terlalu mudah curiga serta suudzon antar sesama.

“Bangsa ini dalam kondisi kritis sehingga perlunya ada dialog kebangsaan di antara para tokoh,” kata Sigid, Sabtu (24/9/2016). Karenanya, melalui pagelaran wayang kali ini, Yayasan Kalimasadha Nusantara berharap hadirnya sebuah solusi bagi bangsa.

Pagelaran wayangan kali ini sekaligus untuk menindaklanjuti dan memperingati 70 tahun resolusi jihad NU. “Wayang itu kan syiar penyebaran agama Islam dari zaman Sunan Kalijaga. Agar Mudah di cerna dalam menyampaikan falsafah hidup,” kata Sigid.

Di sela-sela pagelaran wayangan, juga akan diselingi orasi budaya yang akan disampaikan oleh Wiranto, Menkopolhukam.

Sementara itu hingga saat ini beberapa tokoh yang sudah memastikan hadir dalam pagelaran wayangan kali ini adalah Jenderal (Pur) Wiranto, Menkopolhukam; Jenderal Polisi Tito Karnavian, Kapolri; Jenderal Gatot Nurmantyo, Panglima TNI; serta Zulkifli Hasan, Ketua MPR.

Selain itu, beberapa tokoh nasional lain juga memastikan hadir diantaranya Amien Rais, mantan Ketua MPR; Akbar Tanjung, mantan Ketua DPR; Hasyim Muzadi, mantan Ketua PBNU; Hasto Kritiyanto, Sekjen PDI Perjuangan; serta Sholahuddin Wahid, pengasuh pesantren Tebu Ireng.

Sementara itu Yusuf Husni (Cak Ucup), wakil ketua panitia acara mengatakan hingga siang ini seluruh persiapan acara sudah dilakukan. “Sudah hampir 100 persen siap. Kami juga sudah membagi lokasi parkir sehingga nanti tidak menumpuk,” kata Cak Ucup.

Meski akan digunakan untuk pagelaran wayang, namun Cak Ucup memastikan para PKL yang ada di sekitar GOR tetap bisa buka seperti biasa. “Kita akan setting agar mereka tetap buka sehingga acara ini tidak sampai menggantu mereka malah bagaimana acara ini bisa ikut mensejahterakan para PKL ini,” ujar Cak Ucup

Sekadar diketahui, wayangan yang akan dibawakan oleh Ki Manteb Sudarsono di GOR Sidoarjo ini akan dimulai tepat pukul 19.00 WIB. (fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs