Kamis, 16 Mei 2024

Indonesia Koordinasikan Penanganan 3 Sandera WNI Dengan Malaysia

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Ryamizard Ryacudu Menteri Pertahanan

Ryamizard Ryacudu Menteri Pertahanan, menyatakan bahwa Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia, akan melakukan koordinasi dengan Kemenhan Malaysia dalam penanganan tiga WNI yang disandera kelompok bersenjata di negara itu.

“Saya baru dapat informasinya kemarin, saya hari ini menghubungi Menhan Malaysia untuk koordinasi bagaimana kita menghadapi ini,” kata Ryamizard Ryacudu, seusai halal bihalal dengan Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, seperti dilansir Antara, Senin (11/7/2016).

Ia menyebutkan beberapa waktu lalu dirinya sudah berkoordinasi dengan Menhan Malaysia, namun saat itu belum terjadi kasus penyenderaan WNI. Tapi, saat ini lokasi awal penyenderaan atau saat penangkapan sudah diketahui, tapi pemerintah belum tahu korban dibawa ke mana.

Mengenai adanya kesepakatan patroli bersama tiga negara, Menhan mengatakan patroli bersama harus pakai latihan dulu, kalau tidak akan kacau. “Kemarin latihan terkendala memasuki ibadah puasa, dan kita jadwalkan akan ada patroli bersama setelah Lebaran ini,” katanya.

Menhan menyebutkan Kemenhan mengedepankan upaya negosiasi dulu sementara operasi militer merupakan opsi terakhir. “Operasi militer itu opsi terakhir, itu pasti ada korban, kita hindari adanya korban jiwa,” katanya. (ant/bry/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
31o
Kurs