Minggu, 26 Mei 2024

Industrial Competition 2016 Diikuti Pelajar SMA se Indonesia

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Peserta lomba Industrial Commpetion 2016 menyelasaikan tugas. Foto; Totok suarasurabaya.net

Games unik yang dikemas dalam Industrial Competition 2016 kembali digelar oleh Program Studi Teknik Industri Universitas Kristen Petra. Kali ini menampilkan Giant Map dengan profil lima Negara Asean.

Kompetisi untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Indonesia tersebut digelar selama tiga hari berturut- turut mulai hari Kamis (3/11/2016) sampai dengan Sabtu (5/11/2016) mendatang di gedung P Kampus UK Petra Surabaya dan Grand City mall.

Tema industrial competition 2016 adalah: iAsean. Tema itu merujuk pada dua kata yaitu Industrial dan Asean.

“Tema ini sengaja diangkat untuk mengajak siswa-siswi SMA mengenal Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) serta dunia industri. Mempersiapkan diri menghadapi MEA dan buktikan bahwa generasi muda dapat memajukan industri di Indonesia,” ujar Dra. Indriati Njoto Bisono., M. Sc. Ph.D., kepala program studi Teknik Industri U.K. Petra Surabaya.

Dibagi menjadi tiga babak yaitu babak rally games, simulasi industri dan presentasi kelompok. Untuk menentukan pemenang dalam kompetisi yang terdiri dari tiga orang tiap timnya tersebut, panitia IC 2016 menggunakan sistem akumulasi perolehan point yang diterima tiap babaknya.

“Lomba tahun di babak simulasi industri menggunakan bahan baku kapas dan kain flanel untuk memproduksi boneka. Sedangkan babak presentasi kelompok ada tanya jawab masing-masing peserta,” kata Laurensius Christian Ketua Panitia Industrial Competition 2016.

Kamis (3/11/2016) digelar babak penyisihan untuk rally games. “Dalam games ini, peserta bisa mendapatkan tambahan point. Konsep rally games ini fun dan logic. Total ada 123 tim yang berlaga dalam babak ini lalu dipilih 20 tim saja untuk maju dalam babak kedua,” papar Laurensius.

Untuk babak simulasi industri pada Jumat (4/11/2016) dilaksanakan di lantai LG Grand City Mall, Surabaya. Pada babak ini peserta harus memaksimalkan keuntungan berdasarkan harga jual, biaya produksi, harga bahan baku dan perubahan kondisi yang terjadi di pasar.

Untuk 5 tim dengan jumlah keuntungan tertinggi yang nantinya akan masuk dalam babak ketiga yaitu presentasi kelompok yang dilaksanakan pada Sabtu (5/11/2016).

“Babak terakhir termasu presentasi peserta menjadi bagian menentukan untuk juara pada Asean yang jadi tema Industrial Competition 2016,” pungkas Laurensius.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
33o
Kurs