Senin, 20 Mei 2024

Istana Perketat Keamanan Upacara Kemerdekaan RI

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Ilustrasi. Gladi bersih ke dua rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI, Minggu (14/8/2016). Foto: Setpres

Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2016) akan dimulai pada pukul 10.00 WIB. Namun, tamu undangan datang lebih awal, sejak pukul 07.00 WIB mereka sudah memadati lokasi.

Sebelumnya, mulai pukul 08.45 WIB, undangan akan dihibur marching band dari Semen Indonesia, band Slank dan arak-arakan bendera dari Monumen Nasional menuju halaman Istana Merdeka

Ustad Yusuf Mansyur Pengasuh Pondok Pesantren Darul Qu`ran yang menghadiri upacara berpendapat, menurutnya, kemerdekaan adalah kebebasan. “Merdeka itu bebas dari menghamba kepada uang, partai, pekerjaan, bahkan pada waktu,” ujarnya.

Sementara, pihak Istana memperketat pengamanan dengan menerapkan beberapa tahapan pemeriksaan pada undangan. Tiap undangan harus melewati dua detektor, membuka isi tas dan menjalani pemeriksaan fisik.

Sempat terjadi keributan di pintu masuk Istana Negara dari sekelompok orang yang mengaku sebagai relawan Jokowi. Mereka meminta izin mengikuti upacara. Petugas tidak mengizinkan mereka dan menjelaskan, undangan sudah didistribusikan Kementerian Sekretariat Negara.(jos/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
32o
Kurs