Selasa, 30 April 2024

Jurnalis Surabaya Peringati Hari Pers Sedunia

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Aksi teaterikal wartawan Surabaya di depan Kebun Binatang Surabaya. Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Memperingati Hari Kebebasan Pers Sedunia, Jurnalis Surabaya menggelar aksi simpatik di depan Kebun Binatang Surabaya (KBS) Jalan Diponegoro, Selasa (3/5/2016).

Totok Sumarno, seorang jurnalis foto mengaku, di Hari Kebebasan Pers jurnalis menginginkan Surabaya sebagai tempat terbuka. Dengan memberikan dan membuka akses informasi yang faktual dan berimbang bagi para wartawan.

“Dengan keterbukaan informasi, maka kebebasan akan didapat. Jangan sampai, di Hari Kebebasan Pers ini kita menjadi terbelenggu, tertutupnya informasi,” kata Totok yang juga reporter suarasurabaya.net, Selasa (3/5/2016).

Sementara itu Tudji Martudji, reporter Viva, mengaku, di Hari Kebebasan Pers ini, semua informasi itu harus disampaikan ke wartawan. Sebab, informasi itu juga untuk kepentingan masyarakat.

“Apalagi, kita itu bekerja dilindungi Undang-undang. Selain itu keterbukaan informasi juga diperlukan, karena sudah diatur dalam Undang-undang No 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik,” ujar Tudji Martudji.

Sementara dalam aksi tersebut, jurnalis Surabaya menggelar aksi teaterikal, yang menggambarkan kebebasan pers itu harus didapatkan seorang wartawan, baik itu foto, cetak, elektronik (radio, online dan televisi, red), agar informasi bisa disampaikan pada masyarakat. (bry/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
27o
Kurs