Senin, 20 Mei 2024

Konferensi Pangan Internasional Hadirkan Peneliti Luar Negeri

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Konferensi pangan internasional digelar Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Dalam rangkaian Lustrum Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) Kamis (20/10/2016) tidak hanya menghadirkan peneliti dari dalam negeri saja, tetapi juga menghadirkan peneliti-peneliti dari luar negeri.

Para peneliti dari Malaysia adalah Prof Dr latifah Zakaria yang juga pengajar di Universiti Sains Malaysia, serta Dr. Peter A. Sopade peneliti yang juga pengajar di University of Queensland, Australia yang secara khusus diundang menjadi pembicara pada konferensi internasional ini.

Sedangkan para peserta yang hadir pada konferensi pangan internasional kali ini selain para mahasiswa FTP UKWMS sendiri, juga dihadiri para mahasiswa S2 dan kandidat S3 yang mendalami bidang pangan dan pertanian.

Sementara itu, disampaikan Ir. Indah Kuswardani MP, peneliti dan pengajar pada UKWMS bahwa pengetahuan masyarakat terkait dengan kesehatan pangan memang masih minim dan perlu terus dilakukan sosialisasi agar masyarakat bisa memilah makanan sehat dan dibutuhkan tubuh manusia.

“Sampai saat ini hanya sebagian kecil saja warga masyarakat yang memahami bagaimana sebenarnya makanan sehat itu. Sebagian besar warga masyarakat masih belum memahami. Oleh karena itu juga perlu terus dilakukan sosialisasi,” kata Indah Kuswardani.

Lebih lanjut Indah menambahkan bahwa penjelasan tentang beberapa zat bahan pangan seperti Borax misalnya masih belum banyak dipahami oleh masyarakat. Sedangkan keberadaan Borax sendiri ada pada sebagian besar makanan yang dijual di pasaran.

Untuk itu, lanjut Indah, pemahaman dan pengetahuan masyarakat terkait dengan zat atau bahan berbahaya yang ada pada berbagai bahan pangan itu perlu dipahami. “Jika tidak maka makanan dengan kandungan berbahaya bisa terus dikonsumsi. Padahal tidak perlu,” kata Indah.

Konferensi pangan tingkat internasional di kampus Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya ini dijadwalkan digelar sampai Jumat (21/10/2016) dengan pembahasan secara global mengenai bahan makanan atau pangan yang ada saat ini.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
31o
Kurs