Senin, 17 Juni 2024

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2016

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Joko Widodo Presiden neramah tamah bersama keluarga pahlawan revolusi. Foto: Setpres

Sabtu, 1 Oktober 2016 pukul 08.00 WIB, Joko Widodo Presiden memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2016 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya Jakarta Timur.

Presiden yang tiba di Halaman Monumen Pancasila Sakti pada pukul 07.45 WIB disambut oleh Wiranto Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Muhadjir Effendy Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo Panglima TNI dan Basuki Tjahaja Purnama Gubernur DKI Jakarta dan langsung menuju ruang tunggu utama. Di ruang tunggu utama telah hadir Jusuf Kalla Wakil Presiden.

Tak lama setelah itu, Presiden dan Wapres berjalan menuju tempat upacara dengan berjalan kaki dan Presiden langsung menuju mimbar upacara. Sementara itu di lapangan upacara telah tampak berbaris rapih pasukan upacara.

Dalam upacara itu, Naskah Pancasila dibacakan oleh Zulkifli Hasan Ketua MPR, Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dibacakan oleh Farouk Muhammad Wakil Ketua DPD. Sementara itu, Ade Komarudin Ketua DPR membaca dan menandatangani Naskah Ikrar dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membacakan doa yang menjadi penutup rangkaian acara.

Sebelum meninggalkan tempat upacara, Presiden dan Wapres beramah tamah dengan Keluarga Pahlawan Revolusi dan keduanya mendengarkan persembahan lagu-lagu perjuangan oleh Aubade.(jos/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
31o
Kurs