Senin, 29 April 2024

Ratusan Warga Ikuti Operasi Katarak Gratis di RSAL Dr Ramelan

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Dokter memeriksa kondisi mata pasien apakah memang siap dilakukan operasi katarak di RSAL Dr Ramelan, Rabu (3/8/2016). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Ratusan warga mengikuti operasi katarak gratis yang digelar RS Angkatan Laut (RSAL) Dr Ramelan Surabaya, Rabu (3/8/2016).

Mayor Silvy Kabag Humas RSAL mengatakan, operasi gratis ini dilakukan dua hari mulai hari ini sampai besok (4/8/2016).

“Jumlah pasien yang mendaftar seleksi ada 256 orang. Tapi, lolos 151 orang yang benar-benar katarak dan 12 Pterigium yang ikut dilakukan operasi,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Rabu (3/8/2016).

Adapun peserta yang tidak memenuhi syarat berjumlah 93 orang. Mereka tidak memenuhi syarat, karena belum katagori katarak hanya karena minus dan penyakit mata yang lain.

“Acara ini merupakan bakti sosial yang digelar setiap tahun. Kebetulan tahun ini bertepatan HUT RI dan HUT RSAL ke-66. Pendaftaran sudah digelar tiga Minggu sebelumnya,” katanya.

Silvy mengatakan, selain bakti sosial operasi katarak ini digelar untuk mengedukasi masyarakat terkait permasalahan penyakit mata.

“Masyarakat jadi tahu kalau Katarak itu tidak selalu diderita oleh orang yang usianya lanjut, tapi juga sejak di usia muda. Ini ada yang usianya 23 tahun ikut operasi,” katanya.

Sementara, Laksamana Pertama TNI Dr I DG Nalendra Karumkital Dr Ramelan mengatakan, penyakit mata Katarak merupakan penyakit gangguan mata yang angkanya paling tinggi di dunia.

“Katarak itu penyakit mata yang punya potensi untuk menyebabkan kebutaan. Jadi, kami ikut berperan mengurangi penyakit ini di masyarakat,” katanya. (bid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs