Jumat, 17 Mei 2024

Sidang Perdana Kasus Ahok, Polisi Amankan Tiga Aspek

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Kombes Argo Yuwono Kabidhumas Polda Metro Jaya memberikan keterangan soal persiapan pengamanan sidang perdana kasus Ahok, di Mapolda Metro Jaya, Senin (12/12/2016). Foto: Farid suarasurabaya.net

Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono Kabid Humas Polda Metro Jaya mengatakan, pihaknya siap mengamankan sidang perdana kasus dugaan penodaan agama, dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Gubernur DKI Jakarta nonaktif.

Rencananya, sidang akan digelar Selasa (13/12/2016) pukul 09.00 WIB, di Kantor Sementara Pengadilan Negeri Jakarta Utara, yang ada di Jalan Gajah Mada Nomor 17, Jakarta Pusat.

Menurut Kombes Argo Yuwono, pihaknya fokus, mengamankan tiga aspek, yaitu kegiatan sidang, lokasi sidang, dan orang-orang yang berkepentingan dengan persidangan.

“Pada prinsipnya kepolisian akan mengamankan kegiatan sidang, dari perencanaan awal sampai akhir, kemudian lokasi sidang dan sekitarnya, dan yang ketiga kami mengamankan orang, baik Pak Ahok, hakim, jaksa, termasuk awak media yang meliput,” ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Senin (12/12/2016).

Nantinya, pengunjung yang ingin menyaksikan sidang secara langsung akan dibatasi, mengingat daya tampung ruang sidang yang cuma bisa diisi sekitar 60 orang.

Soal personel polisi yang dikerahkan, Juru Bicara Polda Metro Jaya cuma bilang mencukupi, tapi tidak menyebut secara rinci jumlahnya.

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini berharap, aparat keamanan tidak melebihi jumlah massa yang akan mengikuti persidangan.

Sebelumnya, Irjen Mochamad Iriawan Kapolda Metro Jaya menyatakan, pihaknya menemukan indikasi, akan ada banyak pengunjuk rasa, di sekitar lokasi persidangan.

Maka dari itu, pihaknya menyiapkan strategi pengamanan, supaya sidang berjalan lancar. (rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
25o
Kurs