Rabu, 26 Juni 2024

Long Weekend, Lonjakan Pengunjung Objek Wisata di Surabaya Capai 10 Kali Lipat

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
monumen-kapal-selam-surabaya Monumen Kapal Selam (Monkasel) saat menjalani perawatan, akhir 2015 lalu. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Irpan Harianja Ketua Forum Komunikasi Pengelola Objek Wisata (Forkom) Surabaya mengatakan, terjadi peningkatan pengunjung objek wisata Surabaya hingga 10 kali selama libur panjang Kenaikan Isa Almasih dan Isra Miraj sejak Kamis (5/5/2016) hingga Minggu (8/5/2106).

Objek Wisata Kota Surabaya yang mengalami kenaikan pengunjung diantaranya Kebun Binatang Surabaya (KBS), Ciputra Waterpark, Taman Remaja Surabaya (TRS), Tugu Pahlawan, dan Monumen Kapal Selam (Monkasel).

Pria yang juga Manajer Monkasel ini mengatakan, di awal libur panjang, Kamis (5/5/2016), Monkasel mendapat 1.500 kunjungan. Meningkat lebih dari tujuh kali lipat dari rata-rata pengunjung di hari biasa.

“Rata-rata hari biasa, 200 pengunjung,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Sabtu (7/5/2016).

Irpan juga mendata, pada hari yang sama, Ciputra Waterpark mengalami peningkatan pengunjung lebih dari enam kali lipat. Kalau hari biasa rata-rata 200 pengunjung, hari itu pengunjung mencapai 1.300 orang.

Lonjakan pengunjung juga dialami Taman Remaja Surabaya (TRS). Peningkatan hingga 10 kali lipat dari rata-rata 200 pengunjung menjadi 2.000 pengunjung, Kamis lalu.

Hanya saja, Irpan belum mendata apakah pengunjung itu masyarakat Surabaya atau dominan dari luar kota. Dia menduga, masyarakat Surabaya lebih banyak berlibur di Surabaya karena Senin (9/5/2016) ada ujian siswa SMP.

Aschta Boestani Tajudin Plt Dirut Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS mengatakan tidak menerapkan target kunjungan yang terlalu tinggi selama libur empat hari.

Target kunjungan pada hari libur di KBS, kata Aschta, biasanya hingga 12.000 orang. Karena pengunjung KBS tidak hanya didominasi warga Surabaya.

“Kami tidak terlalu berharap, kunjungan empat hari ini bisa mencapai 25.000 pengunjung. Soalnya, Senin besok ada Ujian Nasional SMP, kan,” ujarnya.

Jumlah pengunjung KBS pada Kamis, menurut Aschta, mencapai 12.388 pengunjung. Pada hari kerja, pengunjung antara 2 ribu hingga 3 ribu. Sedangkan Sabtu dan Minggu, pengunjung rata-rata 8 ribu orang bergantung beberapa faktor.(den/fik)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 26 Juni 2024
25o
Kurs