Sabtu, 4 Mei 2024

Bangkai Hiu Tutul Terdampar di Gresik

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Bangkai seekor hiu tutul betina terdampar di perairan dekat Pantai Balai Keling, Kroman, Gresik, Selasa (30/5/2017) pagi. Foto: Istimewa

Bangkai seekor hiu tutul betina terdampar di perairan dekat Pantai Balai Keling, Kroman, Gresik, Selasa (30/5/2017) pagi.

Hiu seberat 1 ton dengan panjang tubuh sekitar 4 meter tersebut merupakan jenis hiu paus (Rhincodon typus). Jenis hiu ini dilindungi Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18 Tahun 2013.

Bejo, salah satu saksi warga Kroman, Gresik mengatakan warga mengetahui hiu tersebut sekitar pukul 09.00 WIB, dan posisinya tidak jauh dari tepian pantai.

“Kemudian kami tarik ke tepian pantai menggunakan empat perahu nelayan, karena posisinya sudah mati,” kata Bejo, seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan, saat ditemukan nelayan, hiu masih hidup, tapi tak berselang lama kemudian hiu itu mati dan dibawa nelayan ke tepian pantai.

Ayu Dewi Utari Kepala Balai Besar BKSDA Jawa Timur mengatakan, hiu tersebut tidak dikubur karena dikhawatirkan akan mencemari.

“Bangkainya sudah bau mungkin sudah beberapa hari sehingga ditarik nelayan ke tengah laut, dibuang,” katanya kepada suarasurabaya.net, Minggu siang.

Ayu memastikan hiu tersebut tidak mati karena perburuan atau pencemaran laut. Hiu tersebut mungkin mati karena usia karena tidak ada bekas luka.

Sepengetahuan Ayu, peristiwa ini adalah yang pertama kali terjadi di Gresik. “Biasanya ada hiu mati itu di Probolinggo karena pantai dekat laut dalam,” ujarnya.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
28o
Kurs