Jumat, 24 Mei 2024

IFI West Makin Pererat Indonesia dan Prancis

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
poster

Tempati gedung baru, IFI West ingin lebih dekat dengan masyarakat khususnya anak muda di kawasan Surabaya barat yang ingin mengetahui bagaimana pendidikan, makanan serta berbagai hal tentang Prancis.

Open house yang dijadwalkan bakal digelar pada Sabtu (25/11/2017) mendatang itu, diagendakan juga sekaligus untuk memperkenalkan pejabat Direktur baru IFI Surabaya, yaitu Benoit Bavaouset, selain juga akan ditampilkan sejumlah acara menarik lainnya.

Menempati co-working space SUB Co 2.0 di kawasan barat Surabaya, IFI Surabaya sudah berkegiatan di lokasi baru tersebut. Pengajaran bahasa Prancis, konser penyanyi frankofon (penutur bahasa Prancis) Meryem Aboulouafa, serta konser dalam rangka 50 Tahun IFI Surabaya.

Pada konser itu telah dipertemukan musisi jazz Prancis, Samy Thiebault Quartet, dengan 3 grup musik asal Surabaya dari berbagai genre yang mulai dikenal, Korek Jazz, Rasvan Aoki dan Best Friends Project.

Institut Français Indonesia (IFI) merupakan institusi di bawah Kedutaan Besar Prancis di Indonesia. IFI ada di 4 kota di Indonesia, Jakarta sebagai pusat, Bandung, Jogjakarta dan Surabaya. Misi dari IFI adalah mempererat kerjasama Prancis dan Indonesia, dibidang bahasa, pendidikan dan budaya.

Lembaga ini telah hadir di Surabaya, selama 50 tahun, dengan nama CCF (Centre Culturel Français) pada 1967, lalu pada tahun 1991 berganti nama menjadi CCCL (Centre Culturel et de Coopération Lingustique) di jalan Darmokali No. 10 Surabaya, dan sejak tahun 2012 menjadi IFI, dengan logo baru dan menempati alamat baru di komplek AJBS jalan Ratna 14 Surabaya.

Selain menjadi salah satu institusi yang aktif dalam bidang seni budaya di Surabaya, IFI juga memberikan pengajaran bahasa Prancis serta layanan konsultasi mengenai studi di Prancis maupun kerjasama perguruan tinggi oleh Campus France, yang juga berkantor di IFI.

Dan pada saat open house di IFI West nanti dijadwalkan bakal dihelat, trial class, workshop kreatif, pemutaran film Prancis, pengenalan budaya Prancis, presentasi studi di Prancis, eksplorasi kue khas Prancis, serta beberapa kegiatan buat anak muda yang pasti menarik.

“Silahkan hadir dan menikmati berbagai tampilan hiburan di kantor kami yang baru, sekaligus nanti bisa berkenalan dengan Direktur kami yang baru. Yang pasti akan ada banyak kegiatan dan hiburan menarik untuk anak-anak muda Kota Surabaya,” ujar Khrisna Pramendha atase prees IFI Surabaya, Kamis (23/11/2017). (tok/bid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Jumat, 24 Mei 2024
29o
Kurs