Minggu, 19 Mei 2024

Ikrar Kesetiaan pada Pancasila Berkumandang di Grahadi

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Pemprov Jatim melaksanakan upacara di halaman Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Minggu (1/10/2017) untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Pemerintah Provinsi Jawa Timur melaksanakan upacara di halaman Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Minggu (1/10/2017) untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Dalam peringatan tersebut, Soekarwo Gubernur Jawa Timur bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Ratusan peserta yang ikut upacara Hari Kesaktian Pancasila. Mereka terdiri dari perwakilan TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, TNI Angkatan Laut, Brimob, Korpri, pelajar, Tagana, Ormas, Karang Taruna dan Karang Taruna.

Para Forpimda (Forum Pimpinan Daerah) juga terlihat hadir, diantaranya Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jatim, Mayor Jenderal TNI Kustando Widiatmoko Panglima Kodam V/ Brawijaya, Irjen. Pon Machfud Aridin, Kapolda Jawa Timur, Pangarmatim, Wakil Gubernur Jawa Timur, dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam prosesi upacara Hari Kesaktian Pancasila tersebut, Soekarwo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan teks Pancasila. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ikrar kesetiaan terhadap bangsa dan negara, dilakukan oleh Ketua DPRD Jawa Timur.

Pembacaan Undang-undang Dasar 1945 ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Syamsul Bahri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi Jawa Timur.

Sementara untuk mengenang dan memperingati Hari Kesaktian Pancasila, di lokasi upacara tampak lukisan para pahlawan nasional, mereka adalah Jenderal Ahmad Yani, Letjen S Parman, Letjen Haryono, Letjen Soeprapto, Mayjen Soetoyo, Mayjen Panjaitan, serta Kapten Piere Tandean. (bry/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
27o
Kurs