Kamis, 2 Mei 2024

Jatim Tawarkan Kopi ke Italia

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Soekarwo Gubernur Jatim saat acara Bisnis Meeting, di Hotel Hilton, Jl. Luigi Galvani 12 Milan Italia. Foto: Istimewa

Soekarwo Gubernur Jawa Timur mengajak para pengusaha Italia bekerjasama memanfaatkan peluang bisnis, baik di bidang investasi, perdagangan, maupun pariwisata. Salah satu yang ditawarkan Jawa Timur adalah produksi kopi.

“Kopi dari Jawa Timur sangat digemari di berbagai negara, saya berharap kopi Jatim juga bisa diterima di Italia,” ujar Soekarwo seperti dalam keterangan pers saat acara Bisnis Meeting, di Hotel Hilton, Jl. Luigi Galvani 12 Milan Italia.

Dalam kesempatan berkunjung ke Italia ini, Soekarwo juga sengaja mengajak CEO PT. Kapal Api Sudomo Mergonoto yang ikut memperkenalkan berbagai produk varian kopi dan berkomunikasi intens dengan para buyer di meeting kali

Sementara itu, selain Kopi, kedatangan Soekarwo bersama tim ekonomi kali ini juga untuk memperkenalkan beberapa produk unggulan Jawa Timur kepada para pebisnis Italia. Industri lain seperti furniture, logam dan teknologi pertanian hingga Pariwisata juga diperkenalkan.

Untuk memberikan dukungan bisnis investor, Pemerintah memberikan empat jaminan yaitu ijin satu pintu investasi asing maksimal 17 hari dan dalam negeri 11 hari, ketersedian listrik, tenaga kerja terampil, dan penyediaan lahan.

Sementara itu, saat ini nilai perdagangan antara Jawa Timur dan Italia dirasa masih kecil dan perlu ditingkatkan, karena potensinya jauh lebih besar dibanding yang yelah berjalan selama ini. Sebagai contoh, ekspor Jawa Timur ke Italia dari Januari-Juni 2017 sebesar US827,07 juta dolar, sedangkan impornya tercatat US1.427,36 juta dolar.

Sekadar diketahui, bersama tim ekonomi dan pengusaha, Soekarwo saat ini mengunjungi beberapa negara di Eropa salah satunya ke Italia.(fik/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
26o
Kurs