Senin, 20 Mei 2024

Jembatan Ratna Mulai Diuji Coba Open Traffic

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Jembatan Ratna Surabaya saat diuji coba, Rabu (6/12/2017). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Jembatan Ratna yang menghubungkan antara Jalan Darmokali dan Jalan Ngagel mulai diuji coba open traffic, Rabu (6/12/2017). Dalam uji coba tersebut, kendaraan boleh melintasi Jembatan Ratna dua arah, baik ke timur maupun barat.

Irvan Wahyudrajad Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya mengatakan uji coba ini sudah dilakukan sejak Selasa kemarin. Tapi, dia menegaskan, ini bukan uji coba rekayasa lalu lintas tapi hanya uji coba jembatan.

Rencananya, Jembatan Ratna ini nantinya hanya diterapkan satu arah saja yaitu bagi kendaraan dari timur ke barat yang mengarah ke Darmokali. Sedangkan untuk kendaraan yang dari Barat ke timur akan melewati Jembatan BAT satu arah.

“Untuk rencana rekayasa lalu lintas, Pemkot masih terus berkoordinasikan dengan Kapolda dan Pangdam, terkait penerapan jalan Bengawan difungsikan dua arah. Karena di situ ada rumah dinas beliau-beliau,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Rabu (6/13/2017).

Irvan mengatakan, setelah Jembatan Ratna diresmikan nanti, diharapkan kendaraan dari arah barat yaitu Jl Kutai bisa melewati Jalan Bengawan sampai Darmokali. Median jalan di jalan Raya Darmo akan dikepras dan putar balik depan Taman Bungkul akan ditutup.

“Karena selama ini penumpukan kemacetan karena adanya putar balik di Bungkul itu,” katanya.

Sementara itu, Bagas Ardianto pekerja lapangan dari PT. Hasta Praja Tama mengatakan, pengerjaan Jembatan Ratna saat ini tahap pelapisan pengaspalan. Saat ini uji coba untuk menguji kekuatan jembatan dan aspalnya.

“Sudah finishing, secara konstuksi, pengerjaan sudah selesai ini pengaspalan pertama juga sudah kelar,” kata Bagas.

Menurut Bagas, rencananya Jembatan Ratna akan diresmikan pada Tahun Baru 2018. (bid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
26o
Kurs