Minggu, 19 Mei 2024

Ketua KWI Bersyukur Natal Berlangsung Aman

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Istimewa

Mgr Ignatius Suharyo, Ketua Konferensi Wali Gereja Indonesia, mengajak seluruh umat kristiani mengucapkan syukur kepada Tuhan, karena perayaan Natal di Indonesia berlangsung damai.

Sejumlah isu yang menyebutkan akan terjadi gangguan keamanan pada perayaan natal tidak terbukti. Sehingga umat kristiani dapat mengikuti kebaktian pada malam natal, maupun kebaktian hari ini dengan tenang, Senin (25/12/17).

Pernyataan Ketua KWI itu disampaikan di depan sekitar 5000 umat Katolik yang mengikuti misa pontifikal di Gereja Katedral yang dipimpin Mgr Ignatius Suharyo, selaku Uskup Agung Jakarta.

Menurut Igantaius Suharyo, situasi kondusif pada perayaan natal tidak bisa dipisahkan dari kesungguhan pemerintah dalam memberikan perlidungan kepada rakyatnya yang sedang merayakan natal.

Ini dibuktikan oleh Jenderal Polisi Tito Karnavian, Kapolri dan Marsekal Hadi Yjahjanto, Panglima TNI, yang turun langsung ke lapangan untuk mengecek beberapa gereja.

Sementara itu dalam khotbah misa pontifikal, Uskup Agung mengajak umat kristiani, menghayati kelahiran Yesus yang membawa dan mewartakan kebenaran Tuhan.

Sebab mengenang kelahiran Yesus jangan hanya pada perayaan Natal, tapi harus dikenang sepanjang masa.

Kalau itu bisa dilakukan itu tandanya Yesus terlahir kembali dalam jiwa kita, kata Uskup.

Selesai memimpin misa, Uskup bersalaman dengan umat, bahkan ada yang memanfaatkan kesempatan ini untuk minta doa safaat, dan Uskup Agung Jakarta melayaninya dengan baik.

Ketua KWI juga mengapresisai ormas Islam yang ikut ambil bagian dari pengamanan natal di beberapa gereja di Jakarta.

“Tak berlebihan kalau dikatakan, kerukunan dan toleransi antar umat beragama di Indonesia semakin baik,” kata Uskup Agung. (jos/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
29o
Kurs