Selasa, 7 Mei 2024

Lagi, Akibat Balon Surabaya Utara dan Madura Black Out

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Gara-gara balon, listrik di sebagian wilayah Surabaya utara dan hampir keseluruhan wilayah Madura padam selama 40 menit, Selasa (2/5/2017). Foto: Pinto Rahardjo Deputi Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jatim via redaksi

Gara-gara balon, listrik di sebagian wilayah Surabaya utara dan hampir keseluruhan wilayah Madura padam selama 40 menit, Selasa (2/5/2017).

Pinto Rahardjo Deputi Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jatim mengatakan, listrik padam mulai pukul 11.06 WIB dan menyala kembali pukul 11.46 WIB.

Penyebab padamnya aliran listrik ini, kata dia, karena ada prosesi pelepasan rangkaian balon peresmian lomba kecerdasan anak di Krembangan.

“Kemudian balon yang dilepaskan itu mengenai Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT),” kata Pinto pada Radio Suara Surabaya.

SUTT tersebut, lanjut dia, menganggu pasokan listrik GI Ujung dan Perak yang menyupply listrik ke Madura.

“Untungnya keberadaan balon cepat diketahui sehingga cepat memanuver daya listrik yang diperlukan,” ujar dia.

Saat ini balon sudah dievakuasi dan proses penormalan aliran listrik masih berlangsung. “Hampir semua aliran listrik sudah normal, mungkin hanya di Madura yang jauh di ujung yang masih penormalan,” ujar dia.

Pinto mengimbau, jika ada peresmian sebaiknya jangan melepaskan balon karena kejadian seperti ini sudah beberapa kali terjadi. (dwi/rst)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
25o
Kurs