Selasa, 16 April 2024

Lebaran Masih Lama, PT KAI Siapkan Pembelian Tiket H-90

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Calon penumpang mencocokkan tiket di stasiun. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Meski Idul Fitri atau Lebaran tahun ini masih beberapa bulan lagi, PT KAI telah membuka loket untuk pemesanan tiket bagi masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman menggunakan moda transportasi kereta api.

Tiket untuk mudik dapat dilakukan pembelian melalui pemesanan di masing-masing stasiun kereta api terdekat dengan sistem pemesanan tiket H-90.

Diharapkan dengan sistem pemesanan tiket H-90 sebelum keberangkatan tersebut memberikan lebih banyak kemudahan bagi masyarakat merencanakan perjalanan jauh dalam rangka mudik Lebaran tahun ini.

Sebagai ilustrasi untuk masyarakat yang ingin melakukan perjalanan berangkat pada H-10 Lebaran tahun ini yang jatuh pada tanggal 15 Juni 2017 misalnya, maka pembelian tiket melalui sistem pemesanan sudah dapat dilakukan pada 17 Maret 2017 pukul 00.00 WIB.

“Kami berharap sistem pemesanan H-90 Lebaran ini nantinya juga dapat dinikmati dan dimanfaatkan oleh warga masyarakat di wilayah kerja PT KAI Daop 8 Surabaya. Sistem pemesanan seperti ini tentunya akan memudahkan masyarakat merencanakan perjalanan dengan kereta api,” ujar Gatut Sutiyatmoko Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Rabu (15/3/2017).

Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan moda transportasi kereta api untuk perjalanan mudik dan balik Lebaran menggunakan sistem pemsanan H-90, lanjut Gatut, dapat melakukan pembelian dna pemsanan tiket di semua channel penjualan tiket.

“Pembelian tiket dengan sistem H-90 bisa dilakukan diseluruh channel yang dimiliki PT KAI. Seperti melalui Contact Center 121, tiket.kereta-api.co.id, aplikasi KAI Access pada ponsel, minimarket, kantor pos, pegadaian, agen resmi tiket KA,” ujar Gatut.

Untuk melayani kebutuhan masyarakat pengguna moda transportasi kereta api terkait ketersediaan tiket mudik dan balik Lebaran 2017, maka PT KAI akan memaksimalkan kapasitas angkut pada kereta api jarak jauh dan sedang dengan total seat 36.858 per hari.

Selain itu, guna memaksimalkan pelayanan pada Contact Center 121, PT KAI juga menjadwalkan akan melakukan penambahan personil operator terutama pada waktu-waktu puncak pemesanan tiket yaitu pada pukul 00.00 sampai dengan 06.00 WIB.(tok/ig)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
33o
Kurs