Jumat, 29 Maret 2024

Mahasiswa Korea Ajak Ibu-ibu PKK Siwalankerto Masak Kimchi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Hanbi (tengah) satu di antara mahasiswi asal Korea mengajarkan cara membuat masakan Korea kepada Ibu-ibu PKK Kelurahan Siwalankerto. Foto: Totok suarasurabaya.net

Suasana berbeda terlihat semarak di pendopo Kelurahan Siwalankerto, Jumat (24/11/2017) ketika beberapa mahasiswi bermata sipit berkulit langsat bersama sejumlah Ibu-ibu PKK kelurahan Siwalankerto, memasak bersama.

Siang itu para mahasiswi asal Korea yang sedang menempuh kuliah di kampus Universitas Kristen (UK) Petra tersebut mengajak memasak dan menikmati aneka sajian Korea, yang bisa jadi merupakan menu asing bagi para Ibu.

Sengaja dipilih menu-menu asal negeri Ginseng tersebut, lantaran cara membuat atau memasaknya tidak terlalu sulit serta bahan-bahan masakan yang dibutuhkan dapat dengan mudah ditemui dipasar-pasar tradisional disekitar Siwalankerto, Surabaya.

Gimbap misalnya, yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut seperti lemper. Atau misalkan Bimbimbap yang sejenis nasi campur di Surabaya. Dalam semangkuk nasi putih dengan lauk, aneka sayur mayur ditambah irisan daging sapi, telur serta saus pedas, memang tidak sulit dibuat.

Diharapkan melalui kegiatan yang dilakukan para mahasiswi Korea bersama Ibu-ibu PKK Kelurahan Siwalankerto ini memberikan pengalaman baru bagi mahasiswi asal Korea dan pengalaman memasak makanan Korea bagi Ibu-ibu.

“Para mahasiswi asal Korea kami harapkan dapat melihat bagaimana kehidupan masyarakat disekitarnya, masyarakat Siwalankerto. Bagaimana kegotongroyongan dibangun, saling menolong dan banyak lagi hal-hal positif masyarakat kita lainnya. Ini sangat menarik, dan bagus sekali,” terang Rury Damayanti, S.H., MH., Lurah Siwalankerto.

Sedangkan bagi Ibu-ibu PKK Kelurahan Siwalankerto, lanjut Rury merupakan pengalaman baru di bidang masak memasak. “Kami berharap ini pengalaman berharga bagi Ibu-ibu yang mendapatkan pengalaman memasak makanan Korea,” tambah Rury.

Beberapa makanan khas Korea yang dipraktekkan bersama para mahasiswi dengan para Ibu-ibu PKK kelurahan Siwalankerto diantaranya Gimbab, Jimdak, Pajeon, Gimchi Jeon dan Bimbimbap. Ke 9 mahasiswi dan mahasiswa asal Korea itu dengan senang hati memasak bersama.

Sementara itu, disampaikan Meilinda S.S., MA., Kepala Biro Administrasi Kerjasama dan Pengembangan (BAKP) Institusi UK Petra Surabaya bahwa kegiatan memasak Kimchi bersama antara mahasiswa asal Korea dan Ibu-ibu PKK kelurahan Siwalankerto ini untuk memperkenalkan budaya Indonesia.

“Kegiatan memasak bersama ini adalah satu di antara pengenalan budaya Indonesia. PKK adalah sebuah perkumpulan khas Indonesia dengan berbagai keunikan sekaligus sifat luhur bermasyarakat di Indonesia. Ini penting diperkanalkan kepada mereka yang dari Korea,” pungkas Meilinda.

Usai memasak bersama, kegiatan yang didukung sepenuhnya oleh BAKP UK Petra Surabaya ini dipungkasi dengan makan bersama aneka kuliner Korea tersebut.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs