Rabu, 15 Mei 2024

Surabaya Memory, Sambut Hari Jadi Kota Surabaya ke-724

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi. Taman-taman kota adalah bukti kemajuan Kota Surabaya. Foto: Dok suarsurabaya.net

Meriahkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-724, Perpustakaan Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya bakal menggelar Surabaya Memory. Mulai dari pameran, workshop hingga seminar mengupas Kota Surabaya.

Digelar mulai Rabu (10/5/2017) hingga 14 Mei 2017, tema yang dipilih pada Surabaya Memory adalah: Kampungku Suroboyo, di Grand City Mall Surabaya. Menghadirkan kegiatan pameran, seminar hingga workshop.

“Surabaya Memory merupakan sebuah inisiatif yang didedikasikan bagi perekaman dan pelestarian pusaka (herritage) Kota Surabaya. Guna menumbuhkan kepedulian masyarakat akan pelestarian pusaka Kota Surabaya melalui media maya (online) dan media fisik (onsite),” kata Dian Wulandari, S.I.I.P., Kepala Perpustakaan UK Petra Surabaya.

Surabaya Memory 2017, lanjut Dian, ingin mengangkat keberadaan kampung-kampung di Surabaya yang memiliki ciri khas masing-masing yang menciptakan sebuah jaringan yang membuat keterikatan antara satu dan lainnya dari berbagai sisi kehidupan.

“Keberadaan kampung-kampung yang sejatinya saling terkoneksi itu menjadi penting karena kampung-kampung itulah yang kemudian membentuk sesuatu yang berbeda, sesuatu yang menjadi ciri khas perkembangan dan kemajuan Kota Surabaya,” ujar Dian.

Pameran Surabaya Memory, menampilkan kurang lebih 55 karya foto Surabaya Tempo Dulu serta 25 potret Kebun Binatang Surabaya (KBS) Surabaya dari masa ke masa. Ada juga foto prestasi kampung Akseliterasi, maket karya dosen dan mahasiswa UK Petra bertemakan Kampung Surabaya dan Desain 3 dimensi rumah KBS.

Dijadwalkan, acara Opening Surabaya Memory 2017 dimeriahkan dengan persembahan buku bertajuk: Surabaya Memory dalam Puisi, dimeriahan juga penampilan kesenian gamelan gaul dan tari tradisioanl dari SMKN 12 Surabaya.

Di hari kedua, Kamis (11/5/2017) bakal digelar Final Lomba Dongeng untuk kategori SD dengan peserta 10 orang anak SD. Kegiatan ini diharapkan menarik karena peserta tampil dengan membawa alat peraga sendiri. Mulai dari boneka, wayang, kerang dan banyak elemen lainnya.

Dihari yang sama juga akan digelar workshop membuat alat peraga edukatif dengan tema KBS yang dibawakan Aniendya Christianna, S.Sn.,M.Med.Kom., dosen DKV UK Petra.

“Pada workshop ini peserta diminta membuat Kebun Binatang mini. Menggunakan bahan sederhana, dan dilakukan secara kelompok. Dari kegiatan ini diharapkan peserta mampu merepresentasikan ide-idenya tentang kebun binatang,” kata Aniendya Christiana.

Sementara itu, dihari ketiga Jumat (12/5/2017) digelar workshop Public Speaking bagi Bunda PAUD dan Guru TK yang dibawakan Fanny Lesmana, S.Sos, M.Med.Kom, dosen Program Studi Ilmu Komunikasi UK Petra Surabaya.

Workshop Membatik untuk Ibu-ibu PKK, dijadwalkan bakal digelar di hari keempat pada Sabtu (13/5/2017) dipandu oleh Andreas Pandu Setiawan, S.Sn.,M.Sn., dosen Program Studi DKV UK Petra, Surabaya.

Sebagai puncaknya hari Sabtu (14/5/2017) workshop mendongeng khusus untuk Ibu-ibu dengan menghadirkan pendongeng Kartika Bayu Primasanti, S.I.P., M.A.Ed., yang juga dosen Program Studi Pendidikan Guru SD.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
33o
Kurs