Kamis, 7 Juli 2022

Wisata Belanja Murah di Bangkok

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pasar Chatuchak. Foto: Pinterest

Selain terkenal dengan wisata budaya, beragam candi yang memukau mata seperti Wat Arun dan Wat Pho, Kota Bangkok juga menjadi surga bagi mereka yang gemar berbelanja.

Berbagai tempat menarik untuk berbelanja dapat Anda kunjungi mulai dari pasar hingga mall besar. Berikut ulasan tempat wisata belanja seperti dilansir Antara, Minggu (16/4/2017):

1. Chatuchak Park
Salah satu wisata belanja di Bangkok adalah pasar Chatuchak. Pasar tersebut terletak di belakang Chatuchak Park. Moda transportasi yang ditawarkan untuk dapat menjangkau tempat tersebut sangat beragam. Mulai dari bus, MRT (Metropolitan Rapid Transit) hingga BTS (Bangkok Sky Train).

Bagi Anda yang menggunakan MRT stasiun terdekat yang berada persis di depan Chatuchak Park adalah stasiun Chatuchak Park. Sementara bagi Anda yang memilih untuk membelah kota Bangkok dari atas Anda dapat turun di stasiun BTS Mo Chit yang juga berada tepat di depan Chatuchak Park.

Chatuchak Park menawarkan beragam barang belanjaan mulai dari pajangan hingga pakaian. Anda dapat membeli buah tangan untuk dibawa pulang seperti tempelan kulkas, dompet kecil, hiasan dinding, aksesoris, tas dan kaos khas Thailand.

Harga yang ditawarkan pun beragam tergantung bahan dan material dari setiap barang. Sebagai contoh, magnet tempelan kulkas ditawarkan dengan harga 100 baht untuk empat item (sekitar Rp40 ribu, @ Rp10.000). Ada pula 100 baht untuk enam tempelan kulkas, meski memang ukuran dan materialnya berbeda.

Dompet ukuran kecil berbahan rajut dibandrol 100 baht untuk lima item, sementara dompet kecil berbahan kain ditawarkan 100 baht untuk 11 item. Aksesoris seperti gelang, kalung dan anting ditawarkan mulai 50 baht, sedangkan hiasan dinding, tas dan kaos ditawarkan masing-masing mulai dari 180 baht, 250 baht dan 200 baht tergantung ukuran dan bahan.

Satu hal yang Anda harus lakukan di pasar Chatuchak ini adalah jangan segan-segan untuk menawar harga. Layaknya pasar, Anda harus berani menawar harga yang ditawarkan penjual. Tidak perlu takut dengan kendala bahasa, karena setiap penjual biasanya telah siap dengan kalkulator di tangan.

Anda dapat berkomunikasi dengan penjual melalui kalkulator untuk mendapatkan harga terbaik. Jika Anda tidak berani menawar, jangan menyesal jika tempat-tempat lain di Bangkok menawarkan harga yang lebih murah untuk barang yang sama.

2. Pantip Plaza Pratunam
Pratunam bisa dibilang surganya para pecinta fesyen. Pratunam memiliki dua kawasan yang terpisah oleh jalan raya. Pratunam Market terletak berseberangan dengan Pantip Plaza Pratunam yang lebih modern (seperti Mangga Dua dan ITC).

Pantip Plaza Pratunam menawarkan berbagai pakaian dengan model fesyen terkini dengan harga yang super miring. Anda akan merasakan sensasi seperti berjalan mengitari toko online bermerk namun dengan harga yang jauh lebih rendah.

Sebagai contoh, blouse dan celana kerja masing-masing ditawarkan dengan harga mulai dari 150 baht (sekitar Rp60 ribu) dan 200 baht (Rp80 ribu). Meski harga yang ditawarkan jauh lebih murah dari harga rata-rata baju yang ditawarkan di online shop, kualitas bahan pakaian tidak kalah bagus.

Anda juga tidak akan bosan berkeliling hingga tiga lantai karena masing-masing penjual menghadirkan konsep toko yang berbeda, ada yang retro, ada pula yang minimalis kekinian layaknya di mall-mall besar.

Sebagai catatan, Anda tidak dapat menawar lagi harga yang telah ditetapkan oleh penjual alias fixed price (harga pas). Meski demikian, dengan model dan bahan pakaian yang ada, harga yang ditawarkan sudah jauh lebih murah dibanding di Tanah Air. Jika Anda berniat untuk berjualan pakaian, Pratunam bisa jadi tempat yang pas untuk memenuhi stok barang.

Kawasan Pratunam sendiri dilewati oleh bus dan BTS. Anda dapat turun di stasiun Chit Lom dan berjalan sekitar 15 menit. Cikasur

3. Asiatique
Asiatique The Riverfront adalah mall terbuka yang terletak di tepi Sungai Chao Praya. Selain menyajikan berbagai pilihan makanan untuk berwisata kuliner lengkap dengan Mekhong bianglala terbesar di Bangkok, kawasan tersebut juga menghadirkan toko-toko yang menawarkan produk lokal yang murah meriah dan menggoda iman untuk berbelanja.

Anda tidak perlu takut berbelanja di kawasan wisata ini. Pasalnya, barang-barang yang ditawarkan bahkan jauh lebih murah dari Chatuchak Market. Sebagai contoh, Anda bisa mendapatkan 12 dompet kecil khas Thailand dengan harga 100 baht. Dengan harga yang sama di Chatuchak Market Anda hanya mendapat 11 dompet kecil.

Barang lain, tas bunga-bunga khas Thailand misalnya, yang dijual dengan harga 200 baht di Chatuchak Market ditawarkan dengan harga 150 baht (Rp60 ribu) yang kemudian dapat ditawar hingga 100 baht (Rp40 ribu).

Asiatique ada di Charoen Krung Road, Bangkok. Ada beragam cara untuk menuju Asiatique, bisa dengan bus dengan berbagai nomor rute tujuan atau BTS dengan stasiun terdekat Saphan Taksin.

4. Central World dan Siam
Bagi Anda penggemar barang mewah, Central World dan Siam menjadi jawabannya. Berlokasi di satu kawasan (hanya berbeda satu stasiun BTS), Central World dan Siam memanjakan mata dengan barang branded.

Berbagai merek ternama seperti Timberland, Zara dan MNG ada di Central World di mana Anda dapat menemukan barang branded dengan diskon yang lumayan. Selain potongan harga, model yang ditawarkan pun berbeda dari merek yang sama yang ada di Tanah Air. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapat koleksi barang dari brand yang bahkan belum ada di Jakarta.

Sementara itu, kawasan Siam menghadirkan tiga mega mall yaitu Siam Paragon, Siam Center dan Siam Discovery. Tidak hanya barang branded, pusat perbelanjaan tersebut juga menawarkan barang-barang dari desainer lokal maupun mancanegara yang dibandrol hingga puluhan juta rupiah.(ant/iss/rst)

Berita Terkait

Surabaya
Kamis, 7 Juli 2022
30o
Kurs