Rabu, 22 Mei 2024

14 Pelajar SMP Surabaya Akan Tampil di Forum Seni Budaya Busan, Korea

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Pelajar SMP Kota Surabaya berpartisipasi dalam kegiatan Asian Youth Education Forum 2018 di Kota Busan, Korea Selatan, yang berlangsung mulai Selasa, (24/07/2018) sampai dengan Kamis, (26/07/2018). Foto: Istimewa

Sebanyak 14 orang pelajar SMP Surabaya turut berpartisipasi dalam kegiatan Asian Youth Education Forum 2018 di Kota Busan, Korea Selatan, mulai hari ini, Selasa (24/7/2018) sampai 26 Juli mendatang.

Eko Widayani guru pendamping rombongan siswa dari SMPN 26 Surabaya mengatakan, mereka akan menampilkan pertunjukan seni budaya Surabaya dan mempresentasikan keunggulan program pendidikan.

Mereka berencana menampilkan tari Suramadu, Sparkling Nusantara, dan musik tradisional Angklung sebagai pertunjukan kebudayaan. “Tugas guru pendamping hanya membantu anak-anak perform,” kata Eko.

Eko menambahkan, selain performa kebudayaan, pelajar dari Kota Pahlawan akan mempresentasikan dua topik bahasan tentang keunggulan pendidikan di Kota Surabaya.

Presentasi pertama dengan topik Education for Global Citizenship, kedua tentang Young People in Global Citizenship. “Presentasi ini nanti dikompetisikan dengan pelajar lain dari berbagai negara,” ujarnya.

Fadlyn Attina Jatmiko, salah satu pelajar dari SMPN 26 mengatakan, presentasi tentang pendidikan itu membahas upaya anak muda atau tunas bangsa agar bisa mendunia.

Di Kota Surabaya, ujar dia, pendidikan sudah didukung pemerintah dengan menyediakan rumah bahasa, perpustakaan, hingga upaya perlindungan anak.

Upaya-upaya Pemerintah Kota Surabaya untuk menjadikan kota layak anak juga akan mereka presentasikan di hadapan forum internasional.

“Keunggulan-keunggulan ini akan kami sampaikan di presentasi. Kami juga akan hubungkan keunggulan itu dengan masalah kewarganegaraan dan kemanusiaan,” katanya.

Andi Safa Afianzar siswa SMPN 19 mengatakan, ada beberapa program sekolah yang menjadi topik presentasi mereka. Mulai dari konselor sebaya sampai adiwiyata.

“Berbagai wadah kegiatan yang bertujuan mengeksplor bakat dan potensi siswa Surabaya juga akan kami sampaikan di sana,” ujarnya.

Selain pelajar dari Surabaya, Asian Youth Education Forum 2018 juga diikuti sejumlah pelajar dari China, Kamboja, Vietnam, dan Korea Selatan.(den/bas/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Rabu, 22 Mei 2024
32o
Kurs