Selasa, 7 Mei 2024

17 Seniman Koperjati Punya Cara Sendiri Rayakan Hari Kemerdekaan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Aksi kesenian Koperjati peringati Hari Kemerdekaan RI ke 73 tahun. Foto: Humas Koperjati

Seniman selalu punya cara berbeda dengan masyarakat ketika merayakan sebuah peristiwa besar. Koperjati, merayakan Hari Kemerdekaan ke 73 tahun Republik Indonesia, Sabtu (18/8/2018) dengan menggelar melukis bersama diatas kanvas sepanjang 10 meter.

Yang lebih unik lagi, kanvas panjang itu diarak dan ditempatkan disejumlah tempat di Kota Surabaya untuk dirampungkan. “Kanvas panjang 10 meter itu lebarnya sekitar 1,5 meter. Sekarang ini masih proses pengerjaan. Belum rampung,” terang Muit Arsa Ketua Koperjati.

Muit menambahkan bahwa untuk menyelesaikan lukisan bertema perjuangan rakyat melawan penjajah tersebut, dihadirkan sekitar 17 pelukis anggota Koperjati. Para pelukis tersebut dengan sukarela menuangkan ide diatas kanvas.

“Tetapi sebelumnya lukisan memang kami buat sket, agar seuai dengan tema. Karena memperingati HUT ke 73 tahun Kemerdekaan RI, maka kami pilih tema perjuangan. Sekarang ini dalam tahap finishing,” tambah Muit.

Kanvas sepanjang 10 meter awalnya ditempatkan di sekretariat Koperjati dikawasan Jl. Darmokali, Surabaya. Setelah diberikan sket, satu persatu pelukis memberikan sentuhan warna.

Sabtu (18/8/2018) kanvas diarak oleh puluhan seniman menuju kawasan Taman Bungkul di Jl. Raya Darmo, Surabaya. “Di Taman Bungkul lukisan dilanjutkan pengerjaannya,” kata Muit.

Menurut Muit, kegiatan aksi kesenian yang dilakukan Koperjati menjadi bagian dari perayaan HUT Ke 73 tahun Kemerdekaan RI sekaligus ekspresi seni para seniman dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia.(tok/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
32o
Kurs