Sabtu, 20 April 2024

Ada 25 Adegan Dalam Rekonstruksi Peluru Nyasar ke DPR

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Polda Metro Jaya melakukan oleh adegan rekonstruksi di lapangan tembak, Senayan, atas dugaan peluru nyasar ke gedung DPR, Jakarta, Jumat (19/10/2018). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Tim Direktorat Polda Metro Jaya melakukan 25 adegan rekonstruksi dugaan peluru nyasar ke gedung DPR, Jakarta, Jumat (19/10/2018). Rekonstruksi ini memakan waktu hingga dua jam lebih yang dimulai pukul 09.00 hingga pukul 11.30 WIB.

“Tadi sudah dilaksanakan (adegan rekonstruksi, red) dan alhamdulillah dari jam sembilan lebih ya, dan jam setengah 12 sudah selesai,” kata Irjen Pol Setyo Wasisto Kadiv Humas Polda Metro Jaya.

Adegan rekonstruksi ini dipimpin langsung oleh AKBP Ade Ari Wadirkrimum Polda Metro Jaya yang didampingi Bambang Soesatyo Ketua DPR, Irjen Pol Setyo Wasisto dan beberapa penyidik dari Polda Metro Jaya.

Setyo Wasisto menyatakan, dalam rekonstruksi yang dilakukan oleh dua tersangka, masing-masing IAW dan RNY ini, penembakan dilakukan saat keduanya masih berada di lapangan tembak. Sedangkan adegan rekonstruksi dimulai saat tersangka datang ke lapangan tembak sampai kembali.

Irjen Pol Setyo Wasisto memaparkan, berdasarkan peraturan, senjata otomatis tidak diperbolehkan digunakan di lapangan tembak, Senayan.

“Keduanya (tersangka, red) telah sepakat untuk menggunakan senjata semi otomatis yang telah di upgrade sehingga bisa dikatakan senjata otomatis,” katanya.

Tersangka juga mengaku memiliki sertifikasi menembak, namun Irjen Pol Setyo Wasisto menyanggahnya.

“Kedua tersangka memiliki sertifikasi menembak, tapi belum masuk ke Perbakin. Seesuai aturan, (sertifikasi, red) harus melalui sebuah klub yang diawali mempunyai sertifikat menembak, Sedangkan dua tersangka belum mengajukan diri sebagai anggota perbakin,” ujarnya.(faz/tin/rs)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs