Jumat, 29 Maret 2024

Dilema Konservasi Penyu, Antara Persembahyangan dan Konservasi

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Umat Hindu mengupacarai satu penyu yang akan menjadi hewan kurban dalam upacara Mepepada di Pura Besakih, Karangasem, Bali, Kamis (15/3/2018). Foto: Antara

Daging penyu kadang digunakan sebagai salah satu upakara atau sarana perlengkapan persembahyangan umat Hindu di Bali. Hal ini menimbulkan dilema dalam upaya Pulau Dewata mendukung pelestarian satwa yang populasinya makin menyusut itu.

“Sebagai pimpinan daerah saya sering dimintai izin untuk menggunakan daging penyu sebagai salah satu upakara persembahyangan. Hal ini menjadi dilema tersendiri, karena di satu sisi penyu adalah satwa yang dilindungi, sementara di sisi lain dibutuhkan sebagai sarana ibadah,” kata I Putu Artha Bupati Jembrana saat pelepasan penyu hijau sitaan polisi setempat di pantai Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Kamis (7/6/2018).

Dia meminta seluruh komponen Umat Hindu untuk memikirkan jenis upakara pengganti daging penyu tanpa mengurangi maknanya.

“Kalau boleh jangan pakai penyu untuk upakara persembahyangan. Tapi masalah ini saya serahkan kepada pihak-pihak yang lebih paham aturan keagamaan,” kata Putu dilansir Antara.

Ia mengatakan dari waktu ke waktu, populasi penyu hijau semakin berkurang karena satwa itu sulit berkembangbiak. Sebuah penelitian mengungkapkan, dari 1.000 tukik yang menetas rata-rata hanya satu yang bisa bertahan hingga dewasa.

I Ketut Catur Marbawa Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Konservasi Sumber Daya Alam Bali menerapkan prosedur ketat sebelum memberikan izin penggunaan penyu untuk keperluan persembahyangan.

Pemberian izin penggunaan penyu sebagai upakara, ia menjelaskan, juga dilakukan berdasarkan konsultasi dengan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) guna mencegah potensi penggunaan alasan persembahyangan sebagai kedok untuk menyembelih satwa tersebut.

“Saat ada permohonan izin dari salah satu pura untuk menggunakan daging penyu, kami koordinasi dengan PHDI untuk mengecek kebenarannya. Contoh apakah benar di pura bersangkutan sedang melaksanakan persembahyangan yang membutuhkan penyu, serta jumlahnya berapa? Kami tidak ingin kebutuhannya hanya satu ekor tapi mengajukan izin lebih dari itu,” katanya.

Dia juga mengakui penggunaan penyu sebagai upakara persembahyangan sangat dilematis. Ini dikarenakan sampai sekarang, balai konservasi baru bisa mengendalikan penggunaannya saja.

Menurut dia, setiap tahun Balai Konservasi Sumber Daya Alam Bali menerima permohonan izin penggunaan sekitar 100 penyu untuk persembahyangan.

“Itu pun ukurannya tidak harus besar. Pokoknya asal penyu tanpa melihat ukuran bisa digunakan sebagai upakara,” katanya.

WWF Indonesia dalam laman resminya menyebutkan bahwa Indonesia merupakan rumah bagi enam dari tujuh spesies penyu di dunia, termasuk di antaranya penyu hijau dan penyu belimbing.

Namun populasi enam spesies penyu laut itu tercantum sebagai yang rentan, terancam, atau sangat terancam menurut IUCN Red List of Threatened Species (Daftar Merah Spesies Yang Terancam Menurut IUCN).

Populasi penyu laut utamanya terancam karena hancurnya habitat dan tempat bersarang, penangkapan, perdagangan ilegal dan eksploitasi yang membahayakan lingkungan.(ant/tna/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs