Jumat, 26 April 2024

FPDIP Minta Pemkot Surabaya Cairkan Gaji ke-13 Sesuai Keputusan Paripurna

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP) meminta Pemerintah Kota Surabaya mencairkan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) ke-13 sesuai hasil keputusan rapat paripurna yang digelar Senin (25/9/2018).

Sukadar Ketua FPDIP DPRD Surabaya di Surabaya, Kamis (27/8/2018) mengatakan pihaknya menyayangkan hasil kesepakatan paripurna berupa pencairan gaji ke-13 itu hanya berupa surat rekomendasi bukan surat keputusan.

“Mestinya pimpinan DPRD Surabaya membuat surat keputusan bukannya surat rekomendasi. Padahal surat keputusan itu yang menjadi dasar mempercepat pembayaran gaji ke 13,” katanya seperti dilansir Antara.

Sukadar sendiri saat rapat paripurna itu sempat interupsi agar keputusan yang diambil dari suara fraksi-fraksi ditawarkan kepada peserta rapat yang hadir untuk disetujui.

Menurut dia, pada saat rapat paripurna itu memang akan dibuatkan surat keputusan DPRD Surabaya akan tetapi kondisinya saat ini berubah menjadi surat rekomendasi saja.

“Mestinya ini sudah merupakan keputusan tertinggi karena merupakan kesepakatan bersama di forum rapat paripurna,” ujar Sukadar yang akan maju lagi sebagai caleg DPRD Surabaya 2019.

Fraksi PDIP juga telah menjalin kontak dengan Whisnu Sakti Buana Wakil Wali Kota Surabaya terkait kemungkinan dicairkannya gaji 13 dalam waktu dekat. Menurut Sukadar, wawali meminta surat itu dikirim secepatnya untuk kemudian diproses lebih lanjut.

Sementara itu, Hadi Siswanto Anwar Sekretaris DPRD Surabaya membenarkan surat rekomendasi yang ditandatangani Armuji Ketua DPRD Surabaya tentang percepatan pencairan gaji 13 itu sudah dikirimkan ke Wali Kota Surabaya pada Selasa (25/9/2018).

Hanya saja, meski hasil paripurna menyepakati gaji 13 bisa dicairkan dalam waktu dua setelah surat rekomenadasi diterima Pemkot Surabaya, belum tentu pencairan gaji 13 itu bisa dilakukan secepat yang diinginkan DPRD Surabaya.

Hal ini mengingat Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya selaku pihak yang berwenang untuk mencairkan gaji 13 saat ini masih melakukan kunjungan kerja ke beberapa negara.

“Kami tetap optimistis gaji 13 itu bisa dibayarkan cepat. Hal ini karena bu Risma akan kembali ke Surabaya lagi dalam waktu dekat,” kata Sukadar.

Sementara itu, Hendro Gunawan Sekretaris Kota Surabaya mengatakan sudah ada pembahasan untuk realisasi pencairan gaji 13 tersebut. Hanya saja saat ditanya kapan gaji 13 bisa dicairkan, Hendro belum berkenan menyebutkan. “Segera,” katanya singkat. (ant/dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs