Jumat, 29 Maret 2024

Harvey Weinstein Didakwa Melecehkan Perempuan Ketiga

Laporan oleh Admin
Bagikan
Produser film Harvey Weinstein tiba di Manhattan Criminal Court di New York, Amerika Serikat, Jumat (25/5/2018). Foto: Reuters

Jaksa wilayah Manhattan, mengumumkan dakwaan kriminal baru atas Harvey Weinstein produser film, Jaksa menuduh Harvey melakukan pelecehan seksual terhadap perempuan ketiga, selain dua orang yang disebutkan dalam dakwaan sebelumnya.

Dakwaan baru itu menuduh Weinstein memaksa perempuan melakukan seks oral pada Juli 2006. Tuduhan baru itu, yang meliputi pelecehan seksual predator, bisa memberikan hukuman 10 tahun penjara hingga seumur hidup, kata kantor Jaksa Wilayah Cyrus Vance.

Weinstein (66), yang pernah menjadi salah satu sineas film paling kuat di Hollywood, mengaku tidak bersalah atas tuduhan pertama dan membantah pernah melakukan hubungan seksual tanpa konsensual. Pengacaranya, Benjamin Brafman, tidak dapat dihubungi segera untuk dimintai komentar, Senin (2/7/2018).

Vance mengeluarkan pernyataan tentang tuduhan baru yang mengatakan, “Dakwaan ini adalah hasil dari keberanian luar biasa yang ditunjukkan oleh para penyintas yang telah bergerak. Investigasi kami berlanjut. ”

Lebih dari 70 perempuan – sebagian besar aktris muda dan perempuan dalam aspek lain dari bisnis film – menuduh salah satu pendiri studio Miramax itu melakukan pelecehan seksual, termasuk perkosaan, dalam serangkaian insiden yang terjadi sejak beberapa dekade lalu. Tuduhan itu menimbulkan gerakan #MeToo, di mana ratusan wanita secara terbuka menuduh orang-orang berkuasa dalam bisnis, pemerintahan, dan hiburan atas pelecehan dan kekerasan seksual.

Mantan produser film kenamaan Hollywood itu dibebaskan dari tahanan dengan uang jaminan 1 juta dolar AS atas dakwaan pertama, berbulan-bulan setelah investigasi yang dilakukan Departemen Polisi New York.

Jaksa tidak menyebutkan siapa saja perempuan yang menuduh Weinstein melakukan pelecehan seksual di pengadilan.

Rincian salah satu kasus dalam tuntutan sebelumnya mirip dengan laporan Lucia Evans, mantan calon aktris yang mengatakan kepada New Yorker pada Oktober 2017 bahwa Weinstein memaksanya melakukan oral seks pada 2004. Dakwaan sebelumnya juga menuduhnya memperkosa perempuan yang berbeda pada Maret 2013.

Ketika tuduhan terhadap Weinstein keluar, dewan Weinstein Co memecatnya, perusahaan menyatakan kebangkrutan pada Maret, dan Academy of Motion Picture Arts and Sciences juga mengeluarkan Weinstein.

Pada tahun-tahun sebelumnya, akademi itu menghujani Weinstein dengan piala Oscar untuk serangkaian film yang membantu mendefinisikan sinema independen pada 1990-an.

Polisi Metropolitan London dan jaksa Los Angeles mengatakan mereka sedang meninjau tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan Weinstein. (ant/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs