Senin, 6 Mei 2024

Misbakhun Serahkan Alsintan ke Pemkab Probolinggo

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Mukhamad Misbakhun anggota Komisi XI DPR RI bersama Sumarjo Gatot Irianto Dirjen Tanaman Pangan Kementan, Rizal Djalil Anggota IV Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Mukhamad Misbakhun anggota Komisi XI DPR RI menyalurkan sejumlah alat mesin pertanian dan perkebunan (Alsintan) kepada beberapa kelompok tani di Kabupaten Probolinggo.

Serah terima bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) itu dilaksanakan di Balai Benih Pertanian di Desa Sukodadi Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Kamis (25/10/2018).

Alsintan yang disalurkan merupakan bantuan dari sejumlah unit di Kementan. Antara lain Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, serta Direktorat Jenderal Perkebunan Kementan.

Adapun alsintan yang disalurkan antara lain traktor roda dua sejumlah 45 unit (singkal 15 unit dan rotary 30 unit), pompa air 3″ (15 unit), kultivator (10 unit), hand sprayer elektrik (50 unit), alat tanam jagung (50 unit), 20 kg benih tembakau yang setara 1.700 ha pengembangan, timbangan digital (1 unit), pompa air (1 unit) dan 25 buah terpal.

Selain Misbakhun, hadir pula Sumarjo Gatot Irianto Dirjen Tanaman Pangan Kementan, Rizal Djalil Anggota IV Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI juga ikut menyaksikan penyerahan alsintan untuk petani Probolinggo itu.

Misbakhun dalam kata sambutannya meminta gabungan kelompok tani (gapoktan) penerima alsintan agar merawat bantuan dari pemerintah pusat itu.

“Saya berharap agar melakukan perawatan terhadap alat dan mesin yang diberikan,” kata dia.

Legislator Golkar itu mengatakan, penyaluran bantuan itu merupakan bentuk komitmennya pada para petani di daerah pemilihannya di Kabupaten/Kota Pasuruan dan Probolinggo. Karena itu Misbakhun mengharapkan para petani penerima bantuan bisa memanfaatkannya sebaik mungkin.

“Ini adalah komitmen saya di dapil saya Probolinggo-Pasuruan. Bantuan ini harus digunakan pada gabungan kelompok tani dan jangan digunakan oleh kepala Gapoktannya saja,” jelas Misbakhun.

Dalam kesempatan itu Misbakhun juga memuji Puput Tantriana Sari Bupati Probolinggo. Menurutnya, bupati tersebut itu mengerti betul kebutuhan masyarakat petani di Probolinggo.

“Saya pastikan tidak salah telah memilih beliau sebagai bupati yang kedua. Beliau juga termasuk sebagai deretan bupati paling cantik di Indonesia. Karena kalau dihitung dari bupati perempuan, tidak sedikit yang mempunyai kelebihan dari sisi kecantikan, kepandaian dan kepemimpinan,” kata Misbakhun .

Sedangkan Bupati Tantri dalam sambutannya mengatakan, mayoritas warga di Kabupaten Probolinggo merupakan petani.

“Di Kabupaten Probolinggo banyak potensi yang sudah berkembang. Bahkan, hasil pertanian yaitu bawang sudah ekspor ke luar negeri,” kata dia.(faz/dim/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
29o
Kurs