Sabtu, 20 April 2024

No Limit No Fear Ekspresi Kebebasan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pameran No Limit No Fear sebuah ekspresi kebebasan. Foto: Totok suarasurabaya.net

Forum Aliansi pamerkan karya-karyanya menggunakan beragam media, keluar dari batasan-batasan, bertajuk: No Limit No Fear dipamerkan di Galeri Paviliun House of Sampoerna, hingga 11 Agustus 2018.

31 karya dalam bentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi merupakan respon atas tema No Limit No Fear dengan tampilan menarik serta munculnya cerita-cerita dibalik keunikan tersebut.

Dengan semangat bebas berekspresi dalam menciptakan karya seni, para seniman muda yang tergabung dalam Forum Aliansi berupaya untuk terus mengasah kreatifitas, menghasilkan karya-karya menarik dengan menggunakan beragam media.

Para seniman muda ini menerjemahkan pemahaman akan keberanian melalui beragam cara seperti menggambarkannya langsung kedalam karya atau dengan cara keluar dari pakem yang selama ini mereka anut yakni menggunakan media selain kanvas dan bereksperimen dengan warna serta teknik yang tidak biasa.

Zulfikar Risky dengan karya berjudul: Arena Tinju Pemuja Batu merespon tema pameran ini dengan mengibaratkan seorang seniman sebagai seorang petinju berkepala macan.

Sosok seorang petarung yang harus rutin berlatih dan siap bertempur di medan perang dalam kondisi apapun.

Sedangkan Raka Valdiansyah dengan karya: Penyet-Penyetan menurutnya bukan melulu soal melukis, melainkan bermain-main dengan media lainpun juga bisa dianggap berkarya.

Keunikan karya serta cerita dari masing-masing anggota Forum Aliansi inilah yang diharapkan akan menjadi inspirasi dan menumbuhkan jiwa seni pada masyarakat untuk turut ikut berkarya.

Forum Aliansi, terbentuk 2017 atas dorongan House of Sampoerna (HoS), awalnya merupakan sekumpulan anggota alumni SMSR yang secara aktif berkegiatan seni.

Kedepannya Forum Aliansi diharapkan menjadi wadah yang membuka kesempatan seluas-luasnya bagi semua seniman Surabaya yang ingin bergabung dan berkarya bersama.

“Dengan terselenggaranya pameran ini kami ingin silaturahmi antar anggota alumni tetap terjalin sehingga tujuan utama kami untuk terus menanamkan nilai-nilai seni di jiwa masyarakat dapat terwujud,” terang Miftahul Khoir, Ketua Forum Aliansi, Rabu (11/7/2018).(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs