Selasa, 30 April 2024

Risma Bangun Hutan Kota di Warugunung untuk Minimalisir Gempa

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Risma menanam pohon di Warugunung, Jumat (23/11/2018) pagi. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya akan membuat hutan dan embung di atas tanah aset Pemkot Surabaya seluas tiga hektare di Warugunung Kecamatan Karangpilang.

Pembuatan hutan kota ini dia tujukan untuk memperbaiki struktur tanah di daerah itu, yang mana menurut kajian ahli geologi dilewati patahan aktif berpotensi gempa.

“Kemarin ahli geologi ngomong ada lempengan patahan melewati daerah itu, saya percaya kalau kita berusaha dan memohon kepada Tuhan agar terminimalisir. Saya buat hutan kota untuk memperbaiki struktur tanah itu. Sehingga patahan yang dilihat secara akademis yang bisa menimbulkan gempa bisa diminimalisir,” ujar Risma usai menanam pohon di Warugunung, Jumat (23/11/2018) pagi.

Menurut Risma, selain membuat hutan kota, ada treatment meminimalisir gempa dengan membuat sumur atau embung. Maka dari itu di tahan 3 hektar itu nantinya akan dibangun embung yang dikelilingi tanaman sebagai hutan kota.

“Nanti kami buat embung di situ dikitari hutan kota,” ujarnya.

Sekadar diketahui, pakar Geologi ITS merilis Kota Surabaya dilewati dua patahan atau sesar yakni Sesar Waru dan Sesar Surabaya. Di antaranya melintasi kawasan Karangpilang Surabaya. (bid/dim)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
33o
Kurs