Kamis, 2 Mei 2024

Risma Dijadikan Citra Kartini Modern di Pakistan

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya saat menghadiri acara Pelatihan Manajemen Keuangan dan Ketahanan Ekonomi Keluarga di Graha Sawunggaling, Minggu (18/3/2018). Foto: Humas Pemkot Surabaya

Tri Rismaharini Walikota Surabaya berada di Islamabad, Pakistan, untuk mengikuti pertemuan internasional. Kunjungannya kali ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dalam memimpin kota Surabaya dengan para warga negara Indonesia yang berada di Pakistan dalam acara bertema ‘Dialog WNI dengan Kartini Zaman Now’.

KBRI Islamabad dalam keterangaannya yang dilansir Antara di Jakarta, Jumat (13/4/2018) menyebutkan, Risma berada di Islamabad bertepatan dengan kegiatan KBRI memperingati Hari Kartini 2018 pada Kamis (12/4/2018) yang dipusatkan di aula Budaya Nusantara.

Di hadapan Dubes Iwan Amri dan 120 WNI, Risma mengatakan, menjadi seorang pemimpin harus ikhlas. Serta setiap langkahnya selalu didasari oleh tiga rangkaian prinsip tindakan, yaitu bekerja, berkata dan berdoa.

Suyudhie Amri Duta Besar RI Iwan yang memandu langsung acara yang dikemas berbentuk talkshow tersebut menyampaikan bahwa prestasi Risma dalam memimpin Surabaya telah diakui dunia. Kesediaan Risma untuk berbagi pengalaman sebagai seorang pemimpin perempuan akan menginspirasi masyarakat khususnya kalangan muda untuk hidup memberi manfaat bagi masyarakat.

Risma membuka pengalamannya dalam memimpin Surabaya dengan satu tujuan utama, yaitu untuk menyejahterakan masyarakat.

“Beranjak dari tujuan itu, seluruh kebijakan dan perangkat administrasi pelaksananya, seperti komitmen aparat pemerintah dan sistem pendukungnya didedikasikan pada tujuan itu,” kata wali kota itu.

Menjawab pertanyaan salah seorang mahasiswa Indonesia di Pakistan mengenai kiatnya berhasil membangun kota terbesar kedua di Indonesian tersebut, Risma menegaskan bahwa pendidikan, pengetahuan, budi pekerti, menjadi faktor utama kunci pemberdayaan masyarakat.

“Saya bukan ulama tapi umara. Saya takut kalau nanti ditanya malaikat di padang makhsar Risma kenapa masih ada rakyatmu yang susah dan kelaparan? Maka saya terus bekerja dan berusaha agar rakyat Surabaya sejahtera,” ujar dia.

Untuk itu, Pemkot Surabaya memberikan biaya pendidikan gratis untuk siswa pada jenjang pendidikan dasar sampai tingkat menengah.

Dalam upaya mendorong kemajuan kaum perempuan, Wali Kota tersebut membuat program yang membuka kesempatan bekerja, kegiatan perlindungan dan pemberdayaan para penghuni kawasan Dolly untuk hidup mandiri.

Risma yang menampilkan jati diri seorang Kartini modern, tidak menafikan kodratnya sebagai perempuan. Ia menegaskan bahwa ia masih terus belajar dan berkarya bagi masyarakat serta mengharumkan kaum perempuan Indonesia di komunitas Internasional. (ant/tna/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs