Kamis, 7 Juli 2022

Sabtu Besok Simulasi Bronto Skylift di Kalimas, Beberapa Jalan Ditutup Sementara

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Simulasi pemadaman kebakaran dengan memaksimalkan Bronto Skylift. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Simulasi penanggulangan kebakaran di akses jalan sempit menggunakan Bronto Skylift kembali digelar PMK Kota Surabaya pada Sabtu (28/7/2018). Setelah sebelumnya diadakan di Tambaksari dan Dukuh Kupang, PMK Kota Surabaya akan melakukan simulasi di Jalan Kalimas Baru Surabaya.

Sukarno Kasi pencegahan dan pengendalian operasional PMK Kota Surabaya mengatakan simulasi akan menutup simpang empat Indrapura Jaya, Kebalen Timur, hingga SPBU yang mengarah ke bundaran Jalan Jakarta. Jalan akan ditutup sekitar pukul 08.00 hingga pukul 12.00 WIB.

PMK Kota Surabaya dalam simulasi ini melibatkan beberapa jajaran terkait seperti Kepolisian, Dinas Perhubungan, pihak kecamatan, Satpol PP, dan Linmas.

Target simulasi ini untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa PMK Surabaya memiliki peralatan (Bronto Skylift) yang bisa menangani kebakaran walaupun di gang sempit. Bronto Skylift dapat menjangkau melampaui bangunan yang ada di depan objek yang terbakar. Sehingga bisa dijangkau dari atas bangunan.

Selain itu, simulasi ini juga sebagai upaya mengingatkan masyarakat akan kerawanan kebakaran di Surabaya yang sudah di tingkat tinggi. “Agar masyarakat paham dan sadar listrik serta lahan kosong,” kata Sukarno kepada Radio Suara Surabaya.

Pada simulasi ini, Bronto Skylift yang diterjunkan adalah Bronto Skylift 55 karena menyesuaikan kondisi lebar jalan. Di simulasi sebelumnya, Bronto Skylift 104 yang diterjunkan.

Selain Bronto Skylift 55, akan ada pendukung unit high pressure 10.000 liter yang diterjunkan.

“Kegiatan simulasi dilakukan sebagai bagian program dan kontinu di 31 kecamatan. Targetnya bisa tercapai di 31 kecamatan,” kata Sukarno.

Pada simulasi ini, selain penutupan jalan, aliran listrik akan diputus sementara selama simulasi berjalan. (bas/iss/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Kamis, 7 Juli 2022
31o
Kurs