Selasa, 30 April 2024

Sambut Tahun Baru Hijriyah Gelar Wayang Damen

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pementasan Wayang Damen di SD Muhammadiyah 3 Surabaya sambut tahun baru Hijriyah. Foto: Totok suarasurabaya.net

Siswa-siswi SD Muhammadiyah 3 Surabaya, menggelar pementasan Wayang Damen, Senin (10/9/2018) menyambut tahun baru Hijriyah di sekolah, disaksikan para siswa-siswi sendiri.

Wayang Damen adalah wayang yang dibuat dari batang Padi atau dalam bahasa Jawa biasa disebut Damen. Puluhan batang Damen diikat dan dibentuk sedemikian rupa menjadi tokoh-tokoh wayang yang mengacu pada tokoh Wayang Kulit.

Meski tidak mengenal pakem secara khusus, tetapi pementasan Wayang Damen dibuat tidak jauh berbeda dengan pementasan Wayang Kulit. Deretan wayang terbuat dari lembaran kertas Kardus dipasang di belakang panggung.

Sedangkan dalang memainkan Wayang Damen langsung berhadapan dengan penonton yang ada didepannya. “Senang saja memainkan wayang. Dan memang saya juga suka nonton Wayang Kulit,” terang Dimas Firmansyah siswa kelas 5 SD Muhammadiyah 3 Jl. Gadung Surabaya.

Dari cerita yang dimainkan Dimas, wayang Damen mengajak pelajar dan siswa-siswi SD Muhammadiyah 3 yang menyaksikan pementasannya untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat dalam rangka menyambut tahun baru.

Justru sebaiknya mengisi tahun baru Hijriyah 1440 dengan berdoa dan membaca Al Quran. “Harapannya semoga teman-teman semua tidak menyambut tahun baru Hijriyah ini dengan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat dan lebih memilih berdoa bersama keluarga,” ujar Dimas.

Sementara itu, selain penampilan pentas Wayang Damen, di halaman SD Muhammadiyah 3 Surabaya, Senin (10/9/2018) menyambut tahun baru Hijriyah juga dilaksanakan karnaval Islami, serta aneka pentas seni yang dimainkan para siswa-siswi sendiri.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
33o
Kurs