Senin, 27 Juni 2022

Setyo Wasisto Mantan Kadiv Humas Polri Dilantik sebagai Irjen di Kemenperin

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Irjen Pol Setyo Wasisto (kiri) Pejabat lama Kadiv Humas Polri bersama pejabat baru Kadiv Humas Polri Brigjen Pol Muhammad Iqbal (kanan) melakukan salam komando seusai sertijab di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Rabu (14/11/2018). Foto: Antara

Airlangga Hartarto Menteri Perindustrian melantik Irjen Pol Setyo Wasisto, pejabat baru Inspektur Jenderal Kemenperin, serta 38 pejabat eselon II kementerian tersebut.

“Irjen adalah jabatan yang strategis di lingkungan Kemenperin. Tidak hanya bertugas menyelenggarakan fungsi pengawasan, tetapi juga melakukan pengawalan program dan kegiatan sektor perindustrian,” kata Menperin melalui keterangannya di Jakarta (15/11/2018).

Menurut Airlangga, pengisian jabatan eselon I atau pejabat pimpinan tinggi madya itu oleh Setyo Wasisto yang sebelumnya adalah Kepala Divisi Humas Polri telah melalui proses seleksi terbuka.

Seleksi dilakukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

“Kami berharap, pengetahuan dan kompetensi dari pengalaman panjang Saudara di lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia selama ini dapat semakin mendukung gerak langkah Kemenperin dalam mewujudkan iklim usaha dan kegiatan industri yang kondusif,” kata Menteri kepada pejabat baru.

Pada saat yang sama, Menperin juga melantik sebanyak 38 pejabat eselon II . Pengisian ini disesuaikan dengan perubahan organisasi sesuai Peraturan Presiden Nomor 69 Tahun 2018 tentang Kementerian Perindustrian.

“Kami optimistis, rotasi dan penyesuaian jabatan ini dapat mengakselerasi program dan kegiatan prioritas yang telah ditetapkan di dalam Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional, Kebijakan Industri Nasional dan Making Indonesia 4.0,” imbuhnya.

Sebelumnya, Brigjen Pol Muhammad Iqbal telah dilantik menjadi Kadiv Humas Polri menggantikan Irjen Pol Setyo Wasisto di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Rabu (14/11/2018).

Antara melansir, di unit kerja Sekretariat Jenderal, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik tersebut, yakni Herman Supriadi sebagai Kepala Biro Perencanaan, Yedi Sabaryadi (Kepala Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia), Fauzi Saberan (Kepala Biro Keuangan), Eko SA Cahyanto (Kepala Biro Hukum), Setia Utama (Kepala Biro Humas), Dadi Marhadi (Kepala Biro Umum), serta Willem Petrus Riwu (Kepala Pusat Data dan Informasi).

Di Direktorat Jenderal Industri Agro, pejabat yang dilantik meliputi Supriadi sebagai Sekretaris Ditjen Industri Agro, Edy Sutopo (Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan), Enny Ratnaningtyas (Direktur Industri Makanan, Hasil Laut, dan Perikanan), serta Abdul Rochim (Direktur Industri Minuman, Hasil Tembakau, dan Bahan Penyegar).

Untuk pejabat yang dilantik di Ditjen Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil, yaitu Muhammad Khayam sebagai Sekretaris Ditjen Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil, Fridy Juwono (Direktur Industri Kimia Hulu), Taufiek Bawazier (Direktur Industri Kimia Hilir dan Farmasi), Adie Rochmanto Pandiangan (Direktur Industri Semen, Keramik, dan Pengolahan Bahan Galian Nonlogam), serta Muhdori (Direktur Industri Tekstil, Kulit, dan Alas Kaki).

Sementara itu, di Ditjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika pejabat yang dilantik adalah Doddy Rahadi sebagai Sekretaris Ditjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Zakiyudin (Direktur Industri Permesinan dan Alat Mesin Pertanian), Putu Juli Ardika (Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan), serta R. Janu Suryanto (Direktur Industri Elektronika dan Telematika).

Di Ditjen Industri Kecil, Menengah, dan Aneka, pejabat yang dilantik, yakni Eddy Siswanto sebagai Sekretaris Ditjen Industri Kecil, Menengah, dan Aneka, Sri Yunianti (Direktur Industri Kecil dan Menengah Pangan, Barang dari Kayu, dan Furnitur), E. Ratna Utarianingrum (Direktur Industri Kecil dan Menengah Kimia, Sandang, Kerajinan dan Industri Aneka), serta Endang Suwartini (Direktur Industri Kecil dan Menengah Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut).

Pejabat yang dilantik di Ditjen Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional, yaitu Restu Yuni Widayati sebagai Sekretaris Ditjen Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional, Reni Yanita (Direktur Ketahanan dan Iklim Usaha Industri), Ignatius Warsito (Direktur Perwilayahan Industri), Dody Widodo (Direktur Akses Industri Internasional), serta Tony T.H. Sinambela (Direktur Akses Sumber Daya Industri dan Promosi Internasional).

Di Inspektorat Jenderal, pejabat yang dilantik, yakni Liliek Widodo sebagai Sekretaris Inspektorat Jenderal, Arus Gunawan (Inspektur I), Achmad Rodjih Almanshoer (Inspektur II), serta Pranata (Inspektur III). Sedangkan, di Badan Penelitian dan Pengembangan Industri, pejabat yang dilantik adalah Yang Yang Setiawan (Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Industri), serta Teddy Caster Sianturi (Kepala Pusat Industri Hijau).

Selanjutnya, Sony Sulaksono (Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Industri Kimia, Farmasi, Tekstil, Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika), Yan Sibarang Tandiele (Kepala Pusat Standardisasi Industri), serta Titik Purwati Widowati (Kepala Balai Besar Kerajinan dan Batik).(ant/tin)

Berita Terkait

Surabaya
Senin, 27 Juni 2022
31o
Kurs