Minggu, 19 Mei 2024

Soekarwo Tekankan Pentingnya Pembangunan Berkelanjutan

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Soekarwo Gubernur Jawa Timur. Foto: Humas Pemprov Jatim

Soekarwo Gubernur Jatim menekankan pentingnya pembangunan yang berkelanjutan atau sustainable and change. Dengan konsep pembangunan ini maka perubahan juga dilakukan terhadap nilai-nilai yang dirasa kurang atau tidak sesuai lagi dengan kondisi sekarang.

“Yang terpenting dalam membangun itu harus sustainable and change, karenanya antar program harus berkaitan satu sama lain tidak boleh terputus,” ujar Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim menjawab pertanyaan media, usai Rapat Paripurna Istimewa di DPRD Prov. Jatim, Jalan Indrapura Surabaya, Rabu (16/8/2018).

Menurutnya, pembangunan berkelanjutnya ini harus dilakukan karena munculnya disparitas akibat adanya gelombang liberalisme. Oleh sebab itu, pertumbuhan ekonomi yang baik harus diikuti oleh berkurangnya disparitas, pengangguran dan kemiskinan.

“Tiga hal ini sangat penting, karena akan berdampak pada meningkatnya IPM, usia harapan hidup, dan berkurangnya gizi buruk dan stunting,” terang Pakde Karwo berdasarkan rilis yang diterima suarasurabaya.net

Kegiatan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Jatim ini dihadiri, antara lain Pimpinan DPRD Provinsi Jatim, Pj. Sekdaprov Jatim, Forkopimda Jatim, dan para pejabat di lingkup Pemprov Jatim.

Presiden Ajak Seluruh Masyarakat Bersyukur

Sementara itu, Joko Widodo Presiden RI saat membacakan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI, mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersyukur atas kebhinekaan dengan ciri khas budayanya masing-masing.

“Kita harus bersyukur memiliki Pancasila sebagai sumber ideologis bangsa, yang memandu seluruh anak bangsa dalam mewujudkan janji-janji kemerdekaan,” tukas Jokowi sapaan akrab Presiden RI.

Ditambahkan, masyarakat juga patut bersyukur karena Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia, sekaligus negara demokrasi keempat terbesar di dunia.

“Sebanyak 101 pemilihan kepala daerah/pilkada serentak di tahun 2017 dan 171 pilkada serentak di tahun 2018 telah berhasil kita laksanakan dengan aman dan damai,” ujar Presiden Jokowi.

Rakyat Indonesia lanjutnya, menyambut pesta demokrasi dengan penuh kegembiraan, antusiasme yang tinggi, dan kedewasaan politik yang semakin matang.

Oleh sebab itu, pihaknya yakin dengan pengalaman politik yang panjang dalam berdemokrasi Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden secara serentak di tahun 2019 akan berlangsung aman, damai, dan demokratis.

“Pemerintah akan terus mendukung KPK untuk memberantas korupsi. Pemerintah juga memberikan prioritas tinggi pada upaya pencegahan sebagaimana halnya dengan upaya penindakan,” terang Presiden Jokowi.(tin)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
26o
Kurs