Jumat, 3 Mei 2024

Suara Surabaya Muda, Belajar Bijak Bersosial Media

Laporan oleh Pratino Aditya Tama
Bagikan
Restu Indah Supervisor ODP dan Sosial Media Suara Surabaya Media menyampaikan materi Bersosial Media Secara Sehat, di acara Suara Surabaya Muda di kampung media Suara Surabaya, Sabtu (17/3/2018). Foto: Ino suarasurabaya.net

Kawan Muda Suara Surabaya Media angkatan pertama, sore ini di Kampoeng Media, Sabtu (17/3/2018) mereka belajar bijak memakai Medsos. Materi itu disampaikan oleh Restu Indah Supervisor ODP dan Sosial Media Suara Surabaya Media dengan mengusung judul materi Bersosial Media Secara Sehat.

Materi ini sengaja diberikan untuk membekali Kawan Muda Suara Surabaya agar lebih bijak menggunakan sosial media di era digital yang seakan tanpa sekat ini.

Restu mengatakan, penggunaan media sosial kini tidak bisa bebas lagi seperti dahulu. Karena saat ini semua pelanggaran yang terkait dunia maya, khususnya sosial media dapat dikenakan undang-undang ITE (Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik).

“Sekarang ada undang-undang ITE segala perilaku bersosial media kita sudah diatur di sana. Kita tidak bisa lagi bebas begitu saja menggunakan sosmed. Sangsi hukumnya bisa sampai terkena denda sejumlah 2 miliar,” ujarnya menjelaskan pada para peserta.

Restu menambahkan, untuk SS Muda sebaiknya menghindari konten-konten yang berbau SARA karena hal itu merupakan isu yang sangat sensitif di sosial media. Sadari sosial media itu tempat bertemunya orang dengan berbagai latar belakang, prefrensi dan motif. Kebenaran sebuah nilai yang kita percaya, belum tentu menjadi kebenaran menurut yang lainnya.

Sementara itu salah satu peserta ketika ditanya komentarnya oleh suarasurabaya.net perihal berita hoaks yang beredar di sosmed, Dimas Nur Mahendra siswa dari SMA 2 Muhammadiyah Surabaya mengatakan, berita hoaks di sosmed seharusnya ada lembaga tersendiri yang mengontrolnya. Tidak hanya diatur dalam ITE, agar penyebarnya lebih bertanggungjawab atas apa yang disebarkannya.

“Materi Bersosial Media Secara Sehat cukup bermanfaat bagi kami, karena kami merupakan pengguna aktif di sosial media,” ujarnya mengomentari manfaat salah satu materi dalam acara Suara Surabaya Muda hari ini. (ino/bid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs