Kamis, 23 Mei 2024

Tiga Hotel Akan Hiasi Pinggiran Jalan Tol Trans Jawa

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Rest area 507 di ruas jalan Tol Ngawi-Kertosono. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

PT Jasa Marga Properti (JMP) anak perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan membangun tiga hotel di tiga Rest Area Tol Trans Jawa dari total 30 rest area baru yang akan dibangun.

Irwan Sumadiyo Direktur Utama JMP mengatakan, ketiga fasilitas akomodasi tersebut berada di Jalan Tol Batang-Semarang, Solo-Ngawi, dan Mojokerto-Surabaya. Tiga hotel di tiga rest area ini memiliki interval jarak sekitar 200 kilometer per hotel.

Nantinya, ketika berada di rest area, pengguna jalan tol tak hanya bisa berhenti makan, minum, dan mengisi bahan bakar, tapi mereka juga bisa beristirahat di hotel tersebut.

“Kami targetkan hotel ini mulai beroperasi akhir 2019 mendatang. Saat ini perizinan masih dalam proses,” kata Irwan ketika ditemui di rest area 507 jalan tol Ngawi-Kertosono pada Jumat (7/12/2018).

JMP masih mengajukan perizinan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pengajuan ijin ini berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) No. 10/PRT/M/2018 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan di Jalan Tol. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, di antaranya rest area harus memiliki lahan lebih dari 6 hektar dan memiliki masa inap maksimal 6 jam.

Dana yang digelontorkan untuk pembangunan ini diperkirakan sekitar 30 miliar per satu hotel. JMP juga akan membentuk unit usaha hotel dengan brand sendiri. Ke depan, ketiga hotel itu diperkirakan dipatok dengan harga tak lebih dari Rp300 ribu untuk masa inap maksimal 6 jam. (bas/nin/iss/rst)

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Kamis, 23 Mei 2024
33o
Kurs