Kamis, 16 Mei 2024

Tradisi Walima Goroba Hiasi Peringatan Maulid di Kabila Bone Bolango

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Panitia kegiatan Walima Goroba (Waligo) ke-21 saat berkeliling membagikan 1.000 paket kudapan dan bendera kepada anak-anak di Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Selasa (20/11/2018) untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad. Foto: Antara

Warga Tumbihe, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo antusias menyambut peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan tradisi Walima Goroba (Waligo), Selasa (20/11/2018).

Walima Goroba atau Waligo adalah sebuah gerobak yang diisi dengan makanan serta dihiasi dengan bendera dan hiasan warna-warni, lalu diarak keliling kampung dan memberikan makanan, bendera dan roti serta minuman ringan kepada semua anak-anak di daerah tersebut.

Salah seorang anak di daerah itu, Mursyid, mengatakan bahwa ia sangat menantikan goroba atau yang berarti gerobak walima yang diarak keliling kampung oleh panitia.

“Waligo membawa banyak bingkisan untuk anak-anak di sini. Selain itu, ada juga bendera warna-warni yang diberikan secara gratis,” ucapnya dilansir Antara.

Ia mengaku setiap tahun perayaan Maulid Nabi Muhammad di daerah itu selalu meriah karena ada bingkisan khusus untuk anak-anak saja.

Sementara itu, Marten Yusuf panitia pelaksana kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk memperkenalkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sejak dini kepada anak-anak.

“Pada tahun 2018 ini, adalah pergelaran Waligo ke 21, bingkisan yang kami berikan pada anak-anak berasal dari dana sumbangan masyarakat yang dulunya termasuk pengikut pengurus Waligo,” katanya.

Marten Yusuf mengaku, regenerasi pengurus Waligo berjalan cukup baik dan malah semakin bertambah.

“Artinya dengan perjuangan-perjuangan yang kita lakukan, dari pengikut yang anak-anak sampai mereka dewasa, akan tetap memberikan partisipasi ketika diadakannya Walima Goroba,” pungkas Marten Yusuf. (ant/nin)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
33o
Kurs