Jumat, 3 Mei 2024

Ubaya Raih Akreditasi Asia Pasifik Program Magister Manajemen

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penyerahan akreditasi Abest21, langsung diberikan kepada Prof. Joniarto Parung Ph.D selaku Rektor Ubaya. Foto: Humas Ubaya

Program Studi Magister Manajemen Universitas Surabaya, Jumat (27/4/2018) menerima akreditasi internasional Abest21 (The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, 21stCentury Organization).

Akreditasi yang berhasil didapatkan ini sekaligus membuat Ubaya sebagai PTS (Perguruan Tinggi Swasta) pertama di Jawa Timur yang Program Magister Manajemennya berhasil diakui secara internasional skala Asia Pasifik.

Prof. Fumio Itoh selaku Presiden Abest21 yang berbasis di Tokyo, Jepang yang secara langsung menyerahkan sertifikat akreditasi internasional tersebut.

Sebelumnya, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya telah meraih akreditasi internasional skala Asean yaitu Association of Accredited Schools of Business International (Aasbi) pada tahun 2013.

Proses mendapatkan Abest21, tidak mudah dan wajib melalui beberapa tahapan yang sulit. Diawali dengan penyerahan application and innitial accreditation ditahun 2014, yakni memberikan borang gambaran mengenai sistem kurikulum, mahasiswa, gambaran lulusan, kualifikasi dosen dan fasilitas-fasilitas fakultas.

Tahun 2016 merupakan tahap kedua, dan Universitas Surabaya (Ubaya) kembali mengajukan lagi borang secara penuh mengenai data-data yang lebih mendalam.

Kemudian, dilanjutkan tahap evaluasi diri mengenai keunggulan dan kelemahan serta apa yang akan diperbaiki mengenai Fakultas Bisnis Ekonomika (FBE).

“Bulan Maret 2015 lalu, kami ke Tokyo mempresentasikan Ubaya, FBE dan kesiapan kami. Untuk maju ke tahap penilaian selanjutnya, kami harus mendapatkan vote kelayakan dari 15 orang tim akreditasi. Kami berhasil,” ujar Suyanto, S.E.,M.Ec.Dev.,Ph.D., Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya.

Tahap demi tahap penilaianpun berlanjut sampai bulan September tahun 2017, tim Abest21 juga melakukan visitasi ke FBE Ubaya untuk mengkonfirmasi kesiapan universitas, termasuk hubungan antara visi universitas dengan visi fakultas, visi program studi dan kurikulum yang dijalankan.

“Target akreditasi internasional selanjutnya yang ingin kami raih adalah AACSB (The Association To Advance Collegiate Schools of Business) berasal dari Florida, USA. Sejak tahun 2012, kami sudah dalam persiapan dokumen dan proses mentoring oleh tim AACSB. Sedangkan yang terbaru, tahun ini kami baru bergabung dalam EFMD Improvement Quality System (EQUIS) yang berbasis di Inggris,” pungkas Suyanto.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
30o
Kurs