Jumat, 29 Maret 2024

20 Ribu Jemaah Ikuti Salat Tarawih di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ribuan jemaah bersiap-siap mengikuti ibadah Salat Tarawih pertama di Bulan Ramadan 1440 Hijriah di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Minggu (5/5/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net

Puluhan ribu jemaah dari berbagai daerah di Surabaya dan luar Surabaya mengikuti Salat Tarawih pertama Ramadhan 1440 Hijriah di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Minggu (5/5/2019).

Helmy M Noor Humas Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya menyebutkan, tahun ini jumlah jemaah yang mengikuti Salat Tarawih pertama lebih banyak dari tahun sebelumnya.

“Ada kalau 20 ribu lebih jemaah yang ikut tarawih. Mungkin karena bersamaan dengan hari libur,” ujarnya ditemui sebelum berlangsungnya Salat Tarawih berjemaah.

KH Abdusshomad Buchori Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur memberikan tausiyah menyambut Ramadhan. Jemaah tampak mengikuti tausiyah ini dengan khidmat.

Kiai Abdusshomad mengajak jemaah tidak hanya menjalankan puasa pada Ramadhan kali ini, tapi juga mempelajari Islam secara menyeluruh agar terbangun pemikiran dan budaya yang lebih baik.

“Mari kita pelajari Islam dengan baik. Karena Islam akan membawa kita pada pengembangan pemikiran dan budaya. Karena Islam mengajak kita pada kebenaran yang hakiki,” ujarnya.

Menurutnya, dengan mempelajari Islam secara menyeluruh dan benar, maka umat Islam di Indonesia akan senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan.

“Mari merajut kembali bangsa Indonesia ini. Jangan sampai terpecah belah lagi. Pelajari Alquran, pelajari hadis dengan baik, InsyaAllah ibadah Ramadan kita tahun ini menjadi lebih baik dari tahun lalu,” kata dia.

Sebelumnya, pengurus Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya mengumumkan, Ramadhan kali ini kegiatan yang akan digelar di masjid terbesar di Jawa Timur itu akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

Salah satu kegiatan yang berbeda, di antaranya adanya konsultasi fiqih yang akan dilayani oleh sejumlah ustaz setiap menjelang berbuka puasa. Ada meja-meja khusus yang akan disediakan untuk konsultasi apapun selama Ramadan.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs