Kamis, 25 April 2024

40 Perusahaan Swasta Cari 4 Ribu Tenaga Kerja Surabaya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Suasana bursa kerja yang digelar Pemkot Surabaya bekerja sama dengan sejumlah perusahaan. Foto: Humas Pemkot Surabaya

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Surabaya bekerja sama dengan 40 perusahaan swasta menggelar Bursa Kerja Terbuka mencari 4 ribu tenaga kerja di Kota Pahlawan.

Wieke Widyawati Kepala bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Surabaya mengatakan, 40 perusahaan yang tergabung terdiri dari berbagai bidang.

Sebanyak 10 perusahaan di antaranya bergerak di sektor industri pengolahan, 16 lainnya di sektor perdagangan rumah makan dan perhotelan.

“Empat di sektor angkutan, keagenan, dan komunikasi. Tujuh di sektor jasa keuangan, asuransi, persewaan, jual beli bangunan. Lalu tiga di sektor jasa kemasyarakatan sosial,” katanya.

Bursa Kerja Terbuka ini akan berlangsung dua hari pada 21-22 Agustus di Gedung Wanita Candra Kencana, Jalan Kalibokor Selatan Surabaya.

“Kami menggelar Bursa Kerja Terbuka tujuh kali dalam setahun. Lima di antaranya mini job fair melibatkan 15 perusahaan. Sedangkan ini grand job fair, yang digelar dua kali setahun,” katanya.

Bursa Kerja Terbuka sebelumnya sudah digelar beberapa bulan lalu di Gedung Convention Hall Surabaya dengan mekanisme yang sama.

Para pencari kerja yang akan mengikuti Bursa Kerja Terbuka perlu registrasi daring melalui laman disnaker.surabaya.go.id/jmf/home. Mereka akan mendapatkan QR Code pendaftaran.

“QR code itu yang nanti wajib dibawa ke Job fair dan ditunjukkan ke masing-masing perusahaan yang dilamar. Tahun ini kami sudah paperless,” ujarnya.

Semua dokumen persyaratan lamaran kerja diunggah melalui website sehingga peserta Bursa Kerja Terbuka tidak perlu lagi membawa kertas ke lokasi.

Mekanisme ini lebih efektif. Menurutnya, selain menghemat kertas, perusahaan bisa dengan mudah mengakses portofolio para pencari kerja.

Hanya 4 ribu orang yang dicari dalam Bursa Kerja Terbuka ini. Namun, kesempatan melamar ini menurut Wieke terbuka bagi pencari kerja dari dalam maupun luar kota.

“Pendaftaran Bursa Kerja Terbuka ini akan tetap dibuka sampai hari-H acara berlangsung. Terbuka untuk pencari kerja dari dalam maupun luar kota,” katanya.

Dia berharap, dari rangkaian acara yang berlangsung selama dua hari masyarakat bisa memaksimalkan kesempatan sebaik mungkin.

“Supaya penempatan tenaga kerja di Kota Surabaya meningkat sehingga kesejahteraan warga, khususnya warga Kota Surabaya, meningkat,” ujarnya.(den/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs