Jumat, 26 April 2024

Berpidato di Hadapan DPRD, Khofifah Sebut Jatim Garda Terdepan Hadapi Tantangan Global

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 menyampaikan pidato visi misinya di hadapan DPRD Provinsi Jawa Timur dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Jatim, Senin (18/2/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 menyampaikan pidato visi misinya di hadapan DPRD Provinsi Jawa Timur dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Jatim, Senin (18/2/2019).

Dia menyampaikan tentang tantangan global yang harus dihadapi Indonesia. Salah satunya munculnya Revolusi Industri 4.0 yang menciptakan disrupsi sedemikian rupa. Menurutnya, Jatim tidak bisa menunggu solusi.

“Jatim dituntut menjadi garda terdepan bangsa untuk menemukan solusi konflik menghadapi tantangan global tersebut. Di saat yang sama, Jawa Timur dihadapkan tantangan yang bersifat elementer (dasar,red),” ujarnya di atas podium.

Tantangan elementer itu, salah satu di antaranya masih signifikannya jumlah penduduk, terutama perempuan yang belum menempuh pendidikan dasar. Dia juga mengatakan, saat ini menjadi signifikan untuk mengoreksi jumlah stunting di Jatim.

“Belum lagi kurangnya prasarana dan sarana di desa, juga kemiskinan yang relatif meningkat terutama di wilayah perdesaan,” kata Khofifah. “Teratasinya berbagai permasalahan ini menjadi prasyarat mewujudkan masyarakat berdaya saing.”

Khofifah menegaskan, pembangunan di Jatim harus menekankan bahwa tidak ada satupun masyarakat yang tertinggal.

No one left behind yang mana pembangunan ini harus sejalan dengan sistem pembangunan berkelanjutan (sustainable development goal),” ujarnya.

Karena itulah, tim navigasi Khofifah-Emil, menurutnya, telah menajamkan 9 nilai Nawa Bhakti Satya dalam membangun Jawa Timur. Sembilan Bhakti yang menurutnya untuk memuliakan masyarakat Jawa Timur.

Perlu diketahui, penyampaian pidato ini dia lakukan setelah proses serah terima jabatan di lokasi yang sama. Soekarwo Gubernur Jawa Timur sebelumnya hadir dan turut menandatangani berita acara serah terima jabatan ini.(den/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs